12 June 2021, 05:39 WIB

Capai Final Roland Garros, Tsitsipas Letih Namun Bangga


Basuki Eka Purnama | Olahraga

STEFANOS Tsitsipas menjadi petenis Yunani pertama yang berhasil mencapai final Grand Slam, Jumat (11/6), setelah mengalahkan petenis Jerman Alexander Zverev lewat pertarungan limas set. Selepas laga semifinal Prancis Terbuka itu, Tsitsipas mengakui dirinya kelelahan namun bangga.

Tsitsipas meraih kemenangan 6-3, 6-3, 4-6, 4-6, dan 6-2 untuk melaju ke final melawan Novak Djokovic yang mengalahkan juara Prancis Terbuka 13 kali Rafael Nadal.

Tsitsipas dipastikan menghadapi lawan berat di laga final. Pasalnya, dalam tujuh pertemuan melawan Djokovic, Tsitsipas hanya berhasil menang dua kali.

Baca juga: Kalahkan Nadal, Djokovic ke Final Prancis Terbuka

"Yang bisa saya pikirkan pada saat ini hanya asal saya, sebuah lapangan kecil di Athena, tempat saya bermimpi bisa bermain di turnamen akbar seperti Prancis Terbuka," ujar Tsitsipas sembari menangis selepas laga melawan Zverev.

"Laga ini sangat menegangkan. Namun, saya berhasil bertahan. Saya berjuang keras. Kemenangan ini sangat berarti. Kemenangan ini adalah kemenangan terpenting dalam karier saya sejauh ini," lanjutnya.

Sebelumnya, Tsitsipas selalu kalah di tiga kali penampilannya di semifinal Grand Slam, di Australia Terbuka 2019 dan 2021 serta di Roland Garros pada tahun lalu.

"Sangat melegakan saya bisa menyelesaikan laga ini dengan hasil positif," ungkap Tsitsipas.

"Laga ini sangat melelahkan namun saya bangga dengan diri saya sendiri. Saya sangat berterima kasih untuk setiap laga yang saya mainkan. Saya sangat diberkati bisa bertanding melawan petenis-petenis terbaik di dunia dan menjadi semakin baik," imbuhnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT