11 June 2021, 09:06 WIB

Pavlyucenkova Akhiri Penantian 14 Tahun Final Grand Slam


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PETENIS Rusia Anastasia Pavlyucenkova, untuk pertama kalinya dalam 52 penampilannya di ajang Grand Slam, berhasil lolos ke babak final di Prancis Terbuka. Dia melaju ke final usai menghempaskan petenis Slovenia Tamara Zidansek dalam pertarungan dua set langsung, Kamis (10/6) waktu setempat.

Melakukan debut Grand Slam sebagai petenis wild card saat ia berusia 15 tahun di Wimbledon 2007, Pavlyucenkova membutuhkan waktu 14 tahun untuk lebih dekat dengan gelar juara.

Bertarung di Lapangan Philippe Chatrier dalam tempo 1 jam dan 34 menit, Pavlyucenkova menampilkan permainan terbaiknya untuk merebut kemenangan dengan skor akhir 7-5 dan 6-3.

Baca juga: Krejcikova akan Hadapi Pavlyuchenkova di Final Prancis Terbuka

"Saya memiliki perjalanan yang panjang untuk sampai di sini. Setiap orang memiliki cara yang berbeda. Saya sangat senang berada di final dan akan mencoba menikmatinya," kata Pavlyucenkova dikutip dari WTA, Jumat (11/6).

"Saya selalu memikirkannya (memenangkan grand slam), bahkan sudah memikirkannya sejak saya masih junior, sejak saya masih kecil, sejak saya mulai bermain tenis. Itu akan ada di kepala saya selamanya," imbuhnya.

Berhasil melaju ke babak final Grand Slam,  pencapaian Pavlyucenkova itu mengakhiri kemarau enam tahun untuk Rusia. Petenis putri Rusia yang terakhir kali mencapai babak final Grand Slam adalah Maria Sharapova di final Australia Terbuka 2015.

Sepanjang perjalanannya di Prancis Terbuka musim ini, Pavlyucenkova sukses menghenpaskan sejumlah nama besar tenis seperti unggulan ketiga Aryna Sabalenka hingga mantan petenis nomor satu dunia Victoria Azarenka.

"Saya ingin melangkah lebih jauh dan mendapatkan lebih banyak. Saya merasa saya masih fokus dan bisa melakukan lebih baik di pertandingan berikutnya, itulah yang saya inginkan," tuturnya.

Atas kemenangan itu, Pavlyucenkova selanjutnya akan menghadapi petenis Ceko Barbora krejcikova di babak Final, yang berhasil mengalahkan petenis Yunani Maria Sakkari dalam pertarungan tiga set 7-5, 4-6, dan 9-7. (WTA/OL-1)

BERITA TERKAIT