10 June 2021, 12:33 WIB

Barbora Krejcikova, Bintang Baru Tenis Rep Ceko


Basuki Eka Purnama | Olahraga

LEBIH dikenal sebagai spesialis ganda, Barbora Krejcikova kini membuat kejutan di nomor tunggal Prancis Terbuka dengan menjadi petenis ketiga Rep Ceko dalam tempo tiga tahun yang mencapai semifinal Roland Garros.

Krejcikova merupakan bintang baru di antara serangkaian petenis putri Rep Ceko yang berhasil mencapai semifinal atau lebih di Roland Garros dalam tempo satu dekade terakhir.

Petra Kvitova melakukannya pada 2012 dan tahun lalu. Karolina Pliskova pada 2017, Lucie Safarova kalah di final 2015, dan Marketa Vandrousova menjadi runner-up 2019.

Baca juga: Djokovic Tegaskan Siap Hadapi Nadal

"Pasokan petenis putri dari Rep Ceko benar-benar amat sangat bagus," ujar Vladislav Savrda, mantan pemain yang kini menjadi manajer klub tenis di Praha, CLTK.

Rep Ceko, yang menjuarai Piala Fed sebanyak enam kali dari sembilan perhelatan terakhir, saat ini, memiliki 10 pemain di 100 besar WTA.

"Mereka menjadi contoh yang membuat banyak orangtua membawa putri mereka ke sekolah tenis. Mereka kini memilih tenis ketimbang ice skating atau senam," ungkap Savrda.

"Sepak bola dan hoki es adalah olahraga paling populer di Rep Ceko namun tentu saja olahraga itu tidak menarik bagi anak perempuan," lanjutnya.

Krejcikova telah dua kali menjuara Grand Slam di nomor ganda, berpasangan dengan Katerina Siniakova yaitu Prancis Terbuka dan Wimbledon pada 2018.

Tahun ini, pasangan itu juga mencapai semifinal Prancis Terbuka dengan mengalahkan sesama pasangan Rep Ceko Kristyna dan Karolina Pliskova di perempat final. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT