10 June 2021, 07:44 WIB

Nadal Amankan Tiket Semifinal Roland Garros ke-14 Kalinya


Rifaldi Putra I | Olahraga

RAJA Roland Garros Rafael Nadal merengkuh kemenangan beruntunnya sejak 2017 di lapangan tanah liat Prancis Terbuka, usai menekuk petenis Argentina Diego Schwartzman, Kamis (10/6) WIB.

Mencapai babak semifinal untuk ke-14 kalinya di Roland Garros, juara Prancis Terbuka 13 kali itu meningkatkan rekor pertandingannya di Grand Slam lapangan tanah liat dengan rekor menang-kalah 105-2.

Bertarung melawan Schwartzman di Lapangan Philippe Chatrier, Paris, Prancis, Nadal membutuhkan waktu 2 jam 45 menit menyelesaikan pertandingan empat set dengan skor akhir 6-3, 4-6, 6-4, 6-0.

"Selalu luar biasa bagi saya dapat kembali ke babak semifinal untuk lain waktu. Diego adalah pemain luar biasa dengan begitu banyak bakat, dan hari ini (menghadapi Diego) adalah tantangan yang sulit," kata Nadal dikutip dari AFP, Kamis (10/6).

Tengah mengincar gelar Grand Slam ke-21 kalinya, akan membuat Nadal menjadi petenis dengan raihan gelar terbanyak melewati Roger Federer dengan 20 gelar. Dalam pertandingan, petenis Spanyol itu berjuang keras bangkit dari ketertinggalan saat ia tertinggal satu set di set kedua.

Baca juga: Nadal Tunggu Djokovic Di Semifinal Prancis Terbuka

Bertanding di depan 5.000 penonton, Nadal bangkit di set ketiga dari defisit 3-4 dan langsung tancap gas untuk memenangkan sembilan gim langsung dan merebut tiket semifinal Roland Garros.

"Saya memulai dengan buruk di set kedua, lalu saya bisa bangkit," sebut Nadal.

"Pada saat kedudukan 4-4 (set ketiga), saya kembali memainkan permainan yang buruk dan melakukkan kesalahan ganda. Saya pun bertekat untuk bermain lebih agresif dan saya melakukannya sepanjang sisa pertandingan," tuturnya.

"Saya memenangkan pertandingan penting hari ini, dan saya senang dapat memainkan permainan terbaik saya di saat-saat yang benar-benar saya butuhkan," terangnya.

Atas kemenangan itu, Nadal akan menantang petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic yang tengah mengincar trofi Grand Slam ke-18 kalinya.

Dalam perjalananya ke babak semifinal, Djokovic sukses menghempaskan petenis Italia Matteo Barrettini dengan kemenangan 6-3, 6-2, 6-7 (5/7), 7-5.

Jelang babak semifinal Jumat (11/6) WIB, ATPtour mencatat Djokovic kini memimpin perolehan head to head atas Nadal dengan catatan menang-kalah 29-28. Namun demikian, dalam pertemuan terakhir di Italia Terbuka 16 Mei lalu, Nadal sukses menekuk Djokivic di babak final. (AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT