10 June 2021, 06:23 WIB

Hempaskan Juara Bertahan, Sakkari Kejutkan Prancis Terbuka 2021


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PETENIS Yunani Maria Sakkari memberikan kejutan di babak perempat final tunggal putri Prancis Terbuka 2021, di mana petenis berusia 25 tahun itu berhasil menekuk juara bertahan Iga Swiatek. Rabu, (9/6) waktu setempat.

Bertanding di Lapangan Philippe Chatrier,  Sakkari membutuhkan waktu 1 jam 35 menit untuk dapat menumbangkan Swiatek, tampil agresif sejak awal pertandiang unggulan ke-17 di Roland Garros itu berhasil menghentikan langkah Swiatek dengan skor akhir 6-4, 6-4.

"Saya tidak ingin terlalu bersemangat merayakan kemenangan ini, karena saya tidak punya hari libur besok," kata Sakkari dalam konferensi persnya dilansir dari WTA, Kamis, (10/6) WIB.

"Saya masih harus bermain, tetap fokus. Tapi ini adalah pencapaian terbesar saya, jadi tentu saya senang dana saya menikmatinya," sambungnya.

Sekarang Sakkari semakin dekat denga trofi Grand Slam Prancis Terbuka yang mana hanya tersisa dua kemenangan lagi untuk dapat meraihnya. Jika ia berhasil Sakkari akan menjadu petenis wanita Yunani pertama yang mengangkat trofi Prancis Terbuka, dan dapat mendorongnya masuk dalam jajaran pemain 10 besar dunia.

Dua hari yang lalu, Sakkari menjadi perempat finalis tunggal putri Grand Slam pertama dari Yunani, saat ia meraih kemenangan atas petenis peringkat 5 dunia Sofia Kenin, dan ia terus melanjutkan kemenangan dengan melibas Swiatek.

Melawan juara bertahan, Sakkari memenangkan 83 persen poin di belakang servis pertamanya. Mengiri Swiatek pada kekalahan pertamanga di Roland Garros sejak 2019.

"Setiap pemain memiliki cara bermainnya, cara mengeksekusi rencana gim. Saya merasa memiliki forehand yang berat, forehand yang bagus di Lapangan tanah liat dan saya harus memainkan itu. Saya juga melakukan servis dengan baik hari ini," terangnya.

Melaju ke babak semifinal, Sakkari sudah ditunggu oleh lawannya yakni petenis peringkat 33 dunia Barbora Krejcikova, melaju ke babak semifinal petenis Ceko itu sukses mengalahkan petenis Amerika Serikat Coco Gauf di babak perempat final..

Dalam catatan pertemuan antara Sakkari dan Krejcikova, peteni Ceko itu telah memenangkan dua pertemuan sebelumnya 2-0 yakni di Dubai pada 8 Maret lalu dan di Turin, Italia pada 2014. Meski demikian Sakkari mengaku percaya diri pada pertemua ketiga mereka di babak semifinal nanti.

"Sejujurnya, saya tidak bermain bagus di Dubai," kata Sakkari. "Itu adalah salah satu pekan terbaik untuk Krejcikova. Dia bermain sangat bagus saat itu, tetapi kondisinya sangat berbeda saat itu (di Dubai) yang mana Saya membuat banyak kesalahan di sana," tuturnya.

"Saya pikir tentu saja, pertandingan nanti (semifinal) akan cukup sulit. Tapi saya percaya pelatih saya akan memberi saya rencana permainan yang tepat. Sejauh ini saya telah menjalankan apapun yang mereka katakan dengan sangat baik," sebut Sakkari

"Saya percaya diri dan percaya dengan rencana permainan pelatih saya. Saya rasa itu akan berhasil dengan baik," tukasnya.

Adapun atas kekalahan Swiatek di babak perempat final Roland Garros, dapat dipastikan juara Grand Slam Prancis Terbuka 2021 untuk sektor tunggal putri akan memiliki juara baru.

Saat ini sudah ada empat semifinalis yang bersiap merebut gelar Grand Slam Prancis Terbuka pertama mereka yakni Maria Sakkari (Yunani), Barbora Krejcikova. (OL-13)

Baca Juga: Nadal Tunggu Djokovic Di Semifinal Prancis Terbuka

BERITA TERKAIT