08 June 2021, 18:10 WIB

KONI Jamin PON Papua Akan Berjalan Aman


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

MENJAWAB keraguan atas keamanan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, menyusul adanya gangguan-gangguan di Papua yang disebabkan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bebrapa waktu terakhir. Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman menyakinkan bahwa PON Papua akan berjalan dengan aman dan lancar.

Telah berkoordinasi dengan pihak Polda Papua dan Pangdam Cenderawasih, Marciano menegaskan nantinya keamanan dari penyelenggaran PON Papua akan didukung penuh oleh Polda Papua dan Pangdam Cenderawasih.

"Terkait situasi keamanan yang selama ini dikhawatirkan karena dinamika di Papua yang sangat dinamis, saya sudah mendapatkan dukungan penuh dari Kapolda Papua, maupun Pangdam Cenderawasih," ucap Marciano, di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga,  Senayan, Jakarta, Selasa, (8/6).

"Yang mana mereka nantinya akan optimal melaksanakan kegiatan pengamanan untuk meyakinkan bahwa PON ini dapat berlangsung secara aman dan lancar," sambungnya.

Baca juga: Menpora dan KONI Pusat Pastikan PON Papua Sesuai Jadwal

Ia juga mengungkapkan bahwa, Kapolri dan Pamglima TNI juga mendukung penuh terkait keamanan penyelenggaraan PON Papua. Sehingga ia menilai tak perlu ada yang dikhawatirkan terkait keamanan di Papua nantinya

"Sebelumnya Panglima TNI dan Kapolri juga sudah tiba di Papua untuk meyakinkan bahwa semuanya berjalan sesuai yang kita rencanakan," sebut Marciano.

"Kita akan terus melakukan koordinasi-koordinasi, nanti dalam waktu dekat kunjungan-kunjungan ke Papua juga akan kita lakukan untuk pengawasan-pengawasan pelaksanaan. dan nanti pada saat yang tepat Menpora juga akan cek kesiapan seluruhnya di Papua itu," terangnya.

Adapun dapat diketahui, penyelenggaraan PON Papua akan dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021, nantinya akan ada sekitar 6.484 atlet yang akan mengikuti pesta olahraga nasional tersebut.

Mempertandingkan 37 cabang olahraga, yang terdiri dari 56 disiplin cabor, dan 679 nomor pertandingan, PON Papua direncanakan digelar di empat klaster yakni klaster Mimika, klaster Merauke, klaster Kabupaten Jayapura, dan kelaster Kota Jayapura. (OL-4)

BERITA TERKAIT