08 June 2021, 17:12 WIB

Menpora dan KONI Pusat Pastikan PON Papua Sesuai Jadwal


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

JELANG penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang dijadwalkan akan digelar pada 2-15 Oktober mendatang. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali serta Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman kompak menyatakan bahwa PON Papua akan berjalan sesuai jadwal yang direncanakan.

Melakukan rapat koordinasi bersama, di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa, (8/6). Zainudin mengungkapkan, dalam rapat tersebut mereka telah membahas terkait update terbaru persiapan PON Papua dan telah mendengar apa yang di paparkan KONI Pusat. Mebdengarkan apa yang disampaikan KONI Pusat ia pun yakin PON Papua akan berjalan tepat waktu.

"Beberapa hal yang kami bahas (dalam rapat) yang utama tentang persiapan, karana itu sendirikan tersebar informasi yang simpang siur dan solah-olah mengesankan bahwa penyelenggaraan belum siap. Bahkan ada wacana yang mengusulkan untuk ditunda," kata Zainudin, dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Kemenpora RI, Jakarta, Selasa, (8/6).

"Ketua umum KONI pak Marciano ini baru kembali dari sana (Papua) dan beliau menyampaikan perkembangan terkahir, dan tentu ini suatu hal yang menggembirakan buat kita semua. Bahwa masalah-masalah yang selama ini kita rasakan menjadi gangguan dalam persiapan, secara perlahan kita mulai mendapatkan penyelesaian dan jalan keluarnya. Jadi sejauh ini PON Papua masih tetap berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, " jelas Zainudin.

Baca juga : Schwartzman Siap Hadapi The King of Clay di Perempat Final

Sementara itu terkait persiapan venue cabang olahraga, Marciano Norman mengungkapkan bahwa semua telah berjalan sesuai jadwal, dan untuk beberapa venue yang masih dalam proses penyempurnaan ia meyakinkan bahwa akan segera selesai pada waktu yang telah ditetapkan.

"Dari sisi kesiapan venue, kesiapan venue sampai saat ini tetap sesuai dengan harapan kita semua, sesuai dengan perencanaan waktu yang kita buat. Ada beberapa Venue yang masih proses tapi itu akan selesai pada waktunya," sebut Marciano.

Selain terkait dengan venue, Marciano juga mengungkapkan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan akomodasi hingga konsumsi para kontingen daerah juga sudah di persiapkan dengan matang dan terus berjalan sesuai yang diharapkan.

"Kemudian hal-hal yang berkaitan dengan akomodasi, transportasi, konsumsi, itu semua juga sudah kita bicarakan dan akan berjalan sesuai dengan yang kita harapkan," jelasnya.

Akan terus melakukan koordinasi dan pemantauan hingga penyelenggadan PON Papua dimulai pada 2 September mendatang, Marciano pun menegaskan bahwa hingga saat ini persiapan PON Papua terus berjalan sesuai yang telah direncanakan.

"Jadi kesimpulannya, untuk PON Papua tetap berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, dan masih dalam rencana waktu dan kegiatan yang kita rencanakan," tukasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT