03 June 2021, 06:46 WIB

Celtics Tersingkir dari Playoff, Ainge Mengundurkan Diri


Basuki Eka Purnama | Olahraga

PRESIDEN Operasi Bola Basket Boston Celtics Danny Ainge memutuskan pensiun setelah klub itu tersingkir dari babak playoff NBA. Posisi Ainge akan digantikan oleh pelatih kepala Brad Stevens.

Ainge, satu-satunya orang yang memenangkan gelar NBA bersama Celtics sebagai pemain dan manajer umum, telah memimpin manajemen Celtics sejak 2003.

Selama menjabat, pria beria 62 tahun itu mempersembahkan gelar NBA 2008 serta gelar Eksekutif Terbaik NBA pada tahun yang sama.

Baca juga: Lakers Gagal Petik Kemenangan Atas Suns di Laga Kelima

Ainge, yang memenangkan gelar NBA sebagai pemain bersama Celtics pada 1984 dan 1986, mengatakan saatnya telah tiba untuk mempromosikan Stevens untuk menggantikan posisinya.

"Memimpin organisasi ini merupakan kehormatan bagi saya. Bekerja dengan dia (Stevens) sejak dia bergabung, saya tahu kita membuat keputusan tepat menempatkan Brad untuk memimpin tim ini," kata Ainge.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pemilik, rekan kerja saya, dan pendukung terbaik di olahraga bola basket untuk perjalanan saya," imbuhnya.

Celtics sukses melaju ke babak playoff di 15 dari 18 tahun masa kepemimpinan Ainge serta mencapai final Wilayah Timur di tujuh kesempatan.

Stevens, yang membukukan rekor menang-kalah 354-282 bersama Celtics sejak menjabat pada 2013, mengatakan akan segera mencari pelatih kepala baru.

"Saya berterima kasih kepada pemilik dan Danny karena mempercayai saya. Saya cinta Celtics dan merasa terhormat mengisi jabatan ini. Saya akan bekerja sekuat mungkin untuk membuat Celtics kompetitif di NBA," tegas Stevens.

Celtics tersingkir dari playoff NBA, Rabu (2/6) WIB, setelah kalah 123-109 di Gim 5 melawan Brooklyn Nets. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT