02 June 2021, 17:52 WIB

RI Tuan Rumah FIBA Asia Cup, Menpora: Loncatan ke FIBA World Cup


Andhika Prasetyo |

INDONESIA akan memanfaatkan status tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 untuk mengantongi satu tiket di putaran final FIBA World Cup 2023, yang juga akan diselenggarakan di Tanah Air.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan walau dipercaya sebagai tuan rumah piala dunia kejuaraan basket, timnas Indonesia tidak otomatis lolos mengikuti ajang tersebut.

Timnas harus tetap memenangkan tiket dari ajang kualifikasi atau menempati posisi delapan besar dalam FIBA Asia Cup 2021.

Baca juga: World Superbike Bukti Indonesia Aman untuk Event Bergengsi

"Oleh karena itu kita langsung tangkap dan nyatakan kesediaan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021. Dengan menjadi tuan rumah, peluang kita untuk lolos piala dunia jadi lebih besar," ujar Zainudin seusai rapat terbatas di Istana Merdeka, Rabu (2/6).

Pihaknya optimistis Indonesia mampu menorehkan hasil positif dan mengisi posisi delapan besar pada perhelatan FIBA Asia Cup 2021. Keyakinan itu didasarkan pada prestasi timnas basket pada pagelaran Asian Games 2018.

Saat itu, lanjut dia, tim asuhan Fictor Gideon Roring berhasil menembus babak delapan besar. "Niat kita adalah menjadi penyelenggara yang baik, tetapi kita juga harus punya prestasi," pungkas Zainudin.(OL-11)
 

 

 

 

BERITA TERKAIT