19 May 2021, 11:21 WIB

Matsuyama tidak Sabar Tampil di Olimpiade Tokyo.


Basuki Eka Purnama | Olahraga

JUARA bertahan turnamen Masters Hideki Matsuyama sangat ingin tampil di Olimpiade Tokyo. Meski begitu, dirinya paham mengapa banyak warga Jepang menginginkan pesta olahraga itu dibatalkan.

Matsuyama, yang sempat mengisolasi diri selama dua pekan setelah menjadi juara di Augusta demi melindungi keluarganya dari covid-19, menonton penonton berjalan bebas tanpa mengenakan masker di Pulau Kiawah, Selasa (18/2), saat berlatih untuk laga PGA Championship.

Hal itu menandai kesuksesan kampanye vaksinasi covid-19 di Amerika Serikat (AS) yang berujung pada pelonggaran pembatasan covid-19 saat Jepang masih berjuang mengatasi pandemi dan Olimpiade akan digelar dengan pembatasan yang ketat.

Baca juga: Atlet Wajib Karantina 14 Hari Sebelum Berangkat ke SEA Games 2021

"Situasi covid-19 terlihat berbeda di Jepang dengan di Amerika Serikat. Lihat saja, hari ini, banyak orang menonton golf tanpa mengenakan masker. Padahal, di Jepang, semua orang masih sangat berhati-hati," ungkap Matsuyama.

"Karenanya, saya maklum jika ada orang yang mengatakan tidak ingin Olimpiade digelar," imbuhnya.

Matsuyama, yang berperingkat 15 dunia, dipastikan meraih tiket ke Olimpiade. Dia berharap pesta olahraga itu digelar, bukan hanya untuk dirinya namun atlet Jepang lainnya.

"Secara pribadi, saya sudah tidak sabar tampil di Olimpiade, membela negara saya," pungkas Matsuyama. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT