12 May 2021, 06:55 WIB

Djokovic dan Auger-Aliassime Melaju ke Putaran ke-3 Italia Terbuka


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

BERTARUNG dengan sebagian pertandingan yang diguyur hujan, Petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic menutup turnamen Italia Terbuka hari keempat dengan kemenangan 6-3, 7-6(7/5) menghempaskan petenis Amerika Serikat Taylor Fritz, Selasa,(11/5) malam WIB.

Pertemuan terakhir Djokovic dengan Fritz adalah pertarungan lima set di putaran ketiga Australia Terbuka pada Februari lalu, tetapi kali ini Djokovic hanya membutuhkan waktu 1 jam 38 detik untuk merebut kemenangan dalam petarungan dua set langsung.

"Itu pertandingan yang sangat aneh dengan kondisi yang aneh. Jelas bermain di bawah hujan tanpa henti selama hampir dua set penuh itu sangat menantang bagi saya dan dia," ucap Djokovic usai pertandingan dikutip dari ATPtour, Selasa, (12/5) malam WIB.

"Saya pikir saya mendapat keuntungan dalam pertandingan itu karena kondisinya lebih lambat yang memungkinkan saya mengembalikan servisnya," imbuhnya.

Pertandingan set kedua, dimulai dengan cara yang identik dengan strategi yang kerap di gunakan Djokovic, di mana petenis Serbia itu mematahkan servis pada gim pembuka untuk membangun dominasi awal. Djokovic pun meningkatkan level permainannya untuk menyelamatkan dua break point pada kedudukan 4-3.

Setelah memainkan sebagian besar pertandingan dalam kondisi hujan, permainan pun dihentikan sementara saat kedudukan imbang 5-5 di set kedua.

Kembali ke lapangan usai tiga jam tertunda akibat hujan, kedua pemain itu pun kembali melanjutkan pertarungan mereka. Saling berambisi untuk merebut kemenangan set kedua hal itu membuat mereka harus memainkan tie-break. Meningkatkan level permainannya Djokovic pun menutup kemenangan dengan nyaman, dengan skor akhir 7-6(7/5).

"Saya berusaha menjaga pertandingan di bawah kendali saya sepanjang dua set. Dia bermain dengan bagus, melakukan tembakan passing yang bagus untuk membalas. Jelas saya cukup kewalahan mengatasinya, tapi saya akhirnya bisa menyelesaikan pertandingan," jelas Djokovic.

Ini menjadi kemenangan keempat Djokovic atas Fritz dalam ATP head to head mereka dengan menang kalah 4-0. Mengincar gelar juara Italia Terbuka untuk keenam kalinya, di putaran ketiga Djokovic akan menghadapi pemenang antara petenis Britania Raya Cameron Norrie atau petenis Spanyol Alejandro Davidovich Fokina.

Sementara itu, petenis kanada Felix Auger-Aliassime meraih kemenangan atas petenis peringkat 10 dunia Diego Schwartzman, 6-1, 6-3 untuk mencapai putaran ketiga Italia Terbuka, Selasa, (11/5) malam WIB.

Melakoni pertandingan kali kedua melawan Schwartzman, dengan yang terakhir terjadi di Cologne pada musim lalu. Ini menjadi kemenangan perdana bagi Auger-Aliassime atas Schwartzman dengan mengklaim lima dari enam break pointnya dan meraih kemenangan hanya dalam durasi 64 menit.

"Ini kondisi yang sangat sulit untuk keseluruhan. Bertanding di bawah hujan yang cukup lebat saya pikir dia berusaha keras untuk menemukan celah di lapangan," kata Auger-Aliassime dikutip dari ATPtour, Selasa, (11/5).

"Saya mengambil keuntungan dari kondisi itu, saya terus melakukan pukulan saya tanpa ragu-ragu dan berpegang teguh pada rencana permainan saya. Saya rasa saya melakukannya dengan baik," imbuhnya.

Tak seperti musim lalu di mana Schwartzman tampil gemilang di Roma, dengan mengalahkan raja tanah liat Rafael Nadal di perempat final dan Denis Shapovalov di semifinal untuk mencapai final ATP Masters 1000 pertamanya.

Musim ini petenis Argentina itu seperti kehilangan tajinya, dia bahkan melakukan 25 kesalahan sendiri sepanjang pertandingan dan harus menyerah atas petenis berusia 20 tahun itu.

"Tentu saja Diego selalu menjadi lawan yang tangguh. Bagi saya pertandingan melawan sebagian pemain di 10 besar itu sulit," tuturnya.

Ini adalah kemenangan melawan petenis top 10 dunia pertama bagi Auger-Aliassime sejak menyingkirkan Stefanos Tsitsipas di Queen's Club pada 2019 lalu.

Adapun atas kemenangan itu selanjutnya di putaran ketiga, Auger-Aliassime akan menghadapi pemenang antara unggulan ke-12 David Govin atau petenis kualifikasi dari Argentina Federico Delbonis.(Rif/ATPtour)

BERITA TERKAIT