11 May 2021, 23:53 WIB

Maglia Rosa Berpindah Usai Balapan Basah di Etape 4 Giro d'Italia


Ghani Nurcahyadi | Olahraga

KAUS pink (maglia rosa) yang dikenakan pembalap Ineos Grenadiers, Filippo Ganna dalam 3 etape awal Giro d'Italia akhirnya harus berpindah tangan. Kali ini, kaus tanda pemimpin klasemen pembalap ajang grand tour balap sepeda itu dikenakan pembalap tim Israel Start-up Nation Alessandro De Marchi. 

De Marchi mengklaim kaus pink usai menjadi pembalap tercepat kedua yang menyelesaikan etape 4 Giro d'Italia, Selasa (11/5), menempuh jarak 187 km dari Piacenza ke Sestola. Ia 13 detik di belakang pembalap tim UAE Team Emirates Joe Dombrowski yang finis terdepan dengan catatan waktu 4 jam 58 menit 38 detik.

Dombrowski dan De Marchi merupakan 2 pembalap yang melakukan "serangan", memisahkan diri dari peloton terdepan berisikan 25 orang pada tanjakan curam di 5 km jelang finis. Balapan di etape keempat juga didominasi lintasan basah akibat hujan yang turun.

Kaus pink bagi De Marchi yang juga berasal dari Italia, merupakan kali pertama dikenakan pembalap 34 tahun itu dalam 5 kali keikutsertaannya di Giro d"italia. De Marchi kini memimpin klasemen pembalap dengan catatan waktu total 13 jam 50 menit 44 detik, unggul 22 detik dibanding Dombrowski di peringkat kedua.

Baca juga : Van Der Hoorn Buat kejutan di Etape 3 Giro d'Italia

"Tujuan saya memang kaus pink ini. Saya sudah memikirkannya sejak 2 hari lalu tanpa memberitahu siapapun. Saya tidak bisa berkata banyak karena ini adalah impian banyak pembalap sepeda, terutama jika Anda orang Italia," kata De Marchi.

Meski gagal meraih kaus pink, Dombrowksi mengaku puas dengan kemenangannya di etape keempat Giro d'Italia. Ini menjadi kemenangan perdana pembalap asal Amerika Serikat itu di ajang Grand Tour.

"Mungkin belum cukup untuk bisa (merebut) kaus pink, tapi memenangi etape merupakan hari yang indah,: kata  Dombrowski.

Etape kelima Giro d'Italia,. Rabu (12/5) akan kembali menyajikan pertarungan para sprinter karena jarak tempuh 177 km dari Modena ke Cattolica akan didominasi rute datar. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT