10 May 2021, 16:02 WIB

Tim Red Bull Akui Kecepatan Mobil Mercedes di GP Spanyol


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

HARUS puas finis di posisi kedua dalam balapan Formula 1 (F1) GP Spanyol, Minggu, (9/5), tim Red Bull Racing mengakui bahwa mobil F1 W12 milik Mercedes lebih cepat dari pada mobil RB16B milik mereka.

Memimpin lomba sejak lap pertama usai menyalip Lewis Hamilton (Mercedes) yang meraih pole position, Max Verstappen (Red Bull) tak kuasa melewati kecepatan Hamilton saat juara dunia F1 tujuh kali itu tampil mengejutkan dengan kekuatan penuh untuk mengambil alih pimpinan lomba pada lap ke 60 (dari 66 lap).

Prinsipal tim Red Bull Christian Horner tak menapik bahwa W12 milik Mercedes memang lebih cepat dari pada RB16B di GP Spanyol. Menurutnya keunggulan kecepatan itu memudahkan Mercedes mengeksekusi strategi dengan baik.

"Saya kira kami tidak mampu (merespons strategi Mercedes). Maksud saya, jika berbicara fakta di lapangan dan tanpa menghilangkan rasa hormat kami kepada Hamilton dan Mercedes, mereka memang lebih cepat dari pada kami," ucap Horner dikutip dari Motorsport, Senin, (10/5).

"Mobil mereka memang terlihat lebih cepat dari pada kami hari ini," imbuhnya.

Dengan dua pembalap Red Bull yang finis di posisi lima besar, Verstappen (P2) dan Sergio Perez (P5) atas hasil tersebut Red Bull mendulang 29 poin membuat mereka mengoleksi 112 poin di klasemen konstruktor berada di posisi kedua tepat di bawah Mercedes.

Demikian pula dengan pembalap andalan mereka Verstappen yang menduduki posisi kedua di bawah Hamilton pada klasemen pembalap. Meraih satu kemenangan di GP Emilia Romagna Verstappen kini mengumpulkan 80 poin berjarak 14 angka dari Hamilton.

Akan kembali melakoni balapan di GP Monako pada 23 Mei mendatamg, Red Bull mengungkapkan ia akan kembali ke Milton Keynes, Inggris, untuk memperbaiki performa mereka.

"Kami kini akan fokus sepenuhnya ke GP Monaco dan akan pulang ke markas (Milton Keynes, Inggris) untuk mencari cara mendongkrak performa agar mampu mengejar Mercedes," tukasnya. (Rif/Motorsport/OL-09)

BERITA TERKAIT