08 May 2021, 12:32 WIB

Tersingkir dari ATP Tour Madrid Terbuka, Rafael Nadal Bingung


 Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

PETENIS  unggulan pertama Rafael Nadal dipaksa angkat koper lebih cepat oleh petenis asal Jerman Alexander Zverev. Nadal dikalahkan dua set langsung oleh Zverev dengan skor 6-4, 6-4 dan gagal melangkah ke semifinal ATP Tour Madrid Terbuka 2021.

Nadal awalnya memegang kendali permainan di set pertama dengan 4-2 namun tidak disangka Zverev mampu membalikkan keadaan setelah sejumlah kesalahan yang jarang dilakukan oleh Nadal.

Meski memiliki kesempatan untuk menutup set di kedudukan 4-3 dengan kesempatan break, namun Nadal kembali membuat kesalahan dengan pukulan forehand yang gagal dan memberikan kesempatan bagi lawannya untuk membalikkan keadaan.

Dari poin tersebut Nadal mengatakan arah momentum pertandingan langsung berubah total dan membuat pemegang gelar 2018, Zverev, melangkah ke semifinal ATP Tour Madrid Terbuka.

“Secara garis besar saya meninggalkan Madrid dengan rasa yang baik, namun juga pada saat yang sama rasa yang buruk dengan menampilkan permainan seperti hari ini melawan pemain yang hebat,” ungkap Nadal usai pertandingan sebagaimana dilansir ATP Tour, Sabtu (8/5).

“Saya rasa hampir di seluruh set pertama saya bermain lebih baik darinya dan sisi negatifnya adalah ketika saya bermain lebih baik darinya di set pertama saja tetap kalah 6-4,” imbuh Nadal.

“Ini sangat sulit dipahami, khususnya bagi saya. Ketika ini terjadi pada saya, biasanya saya ada di sisi lain, di mana saya mendapatkan jalan untuk memenangi set meski tidak bermain dengan baik atau sama baiknya dengan lawan,” jelas Nadal.

Di pertandingan tersebut Nadal hanya memenangkan enam di kedua set dan lebih dari 17 kesalahan sendiri. Biasanya pukulan forehand mematikannya memenangkan empat kemenangan dan 10 kesalahan.

Di sisi lain Zverev menembakkan 28 kemenangan termasuk 18 dari forehand untuk mendikte hasil pertandingan.

“Saya merasa bermain lebih baik di sebagian besar set pertama, namun setelah sejumlah kesalahan, yang tidak bisa diterima di waktu terburuk, saya mendapati diri saya kehilangan satu set. Outlook dari pertandingan berubah dari sana, baik saya maupun dia. Saya mengetahui akan ada banyak kesulitan yang menunggu saya di set kedua dan bagi Zverev ia menyadari sudah mengambil langkah maju yang besar di pertandingan tersebut,” ungkap Nadal.

Dengan kemenangan ini Zverev mencatatkan tiga kemenangan beruntun atas Nadal dan kemenangan pertamanya di lapangan tanah liat atas raja lapangan tanah liat tersebut. Hasil ini membuat posisi head to head keduanya menjadi 3-5.

Nadal mengakui salah satu hal yang membuat petenis peringkat 6 dunia tersebut menjadi lawan yang berat adalah service kuat yang ia lakukan.

Zverev memiliki kecepatan pukulan service rata rata di 217 kph lebih kencang 25 kph dibanding Nadal yang 192 kph di pertandingan semalam. (Dro/ATP/OL-09)

BERITA TERKAIT