05 May 2021, 11:48 WIB

Cabor Senam Raih Tiket ke Olimpiade Tokyo


Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

CABANG-CABANG olahraga di Indonesia, saat ini, masih terus mengusahakan tiket kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo. Setelah atletik, panahan, dan menembak dipastikan mendapatkan tiket kualifikasi, kini, cabang olahraga senam pun menyusul mendapatkan tiket kualifikasi Olimpiade Tokyo.

“Update terakhir, cabang olahraga senam dapat satu tiket ke Olimpiade. Dengan tambahan ini total ada lima atlet yang sudah lolo ke Tokyo,” tutur Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari saat ditemui, Selasa (4/5) malam.

Raja menyebutkan lima atlet yang sudah lolos kualifikasi ke Tokyo adalah Lalu Muhammad Zohri dari atletik, Riau Ega Agatha dan Diananda Chairunisa dari panahan, serta Vidya Rafika Rahmatan Thayiba dari cabang olahraga menembak. Sedangkan tambahan terkini dari cabang senam adalah Rifda Irfanaluthfi yang akan turun pada nomor all around.

Baca juga: KOI Targetkan Indonesia Raih Dua Medali Emas di Olimpiade Tokyo

Lebih lanjut Raja menjelaskan nama-nama tersebut masih di luar nama-nama atlet dari bulu tangkis dan angkat besi.

Raja menjelaskan, saat ini, nama-nama yang lolos ke Tokyo masih akan dapat bertambah karena daftarnya masih dinamis karena masih menjalani berbagai event kualifikasi.

“Bulu tangkis harapannya bisa mengirim 11 sampai 13 atlet. Kita tunggu kualifikasinya sampai selesai,” ungkap Raja.

Raja pun mengungkapkan, di Olimpiade tahun ini, KOI menargetkan dua emas. Meski begitu, dirinya mengaku memiliki keyakinan akan lebih dari itu, terutama dari bulu tangkis yang diyakini bisa lebih dari satu emas.

"Target kami dua emas. Bisa saja lebih. Target ini kami putuskan dari hasil sport intelligent yang sudah kami lakukan,” jelas Okto.

Selain bulu tangkis, harapan untuk mendulang medali berasal dari cabang angkat besi lewat Eko Yuli Irawan.

Tidak hanya itu, panahan juga diharapkan mampu membuat kejutan termasuk dari cabang olahraga lain yang masih menjalani kualifikasi seperti kano, kayak hingga karate.

“Jadi selagi melihat perkembangan atlet atlet yang kita kunjungi, yang kita monitor perkembangan latihannya. Saya rasa jika dulu di Brazil kita dapat 1 emas. InsyaAllah di Tokyo minimal kita dapat 2 Emas,” pungkas Okto. (Ol-1)

BERITA TERKAIT