04 May 2021, 10:51 WIB

PB PASI Targetkan Zohri Lolos ke Semifinal di Olimpiade Tokyo


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

MENJELANG Olimpiade Tokyo yang akan digelar 23 Juli mendatang, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menargetkan Lalu Muhammad Zohri, yang akan turun di nomor lari 100 meter putra, dapat mencapai babak semifinal.

Tiga bulan menjelang pesta olahraga terbesar sejagad raya itu, Ketua Umun PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan tidak ingin berekspetasi tinggi dan ia mengaku sudah sangat senang bila Zohri dapat mencapai babak semifinal.

"Jadi kalau kita lihat, kalau misalkan nanti ikut olimpiade dan kalau Lalu bisa masuk semifinal saya kira itu target yang sangat baik. Kita gak usah terlalu tinggi (dapet medali), dan kalau (Lalu) bisa mencatatkan waktu di bawah 10 detik itu sudah prestasi yang sangat bagus," ucap Luhut saat ditemui di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (3/5).

Baca juga: Pelatih Sebut Zohri Semakin Maju Jelang Olimpiade Tokyo

Saat ditanya apakah Luhut optimistis Zohri dapat menembus babak semifinal, Ketua PB PASI, yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu, mengaku optimistis bila melihat catatan waktu yang telah ditorehkan Zohri.

"Nah, Zohri itu punya kecepatan terakhir 10.03 detik dan seperti apa yang saya lihat kalau pertandingan-pertandingan dunia kan saya suka nonton. Kalau seperti apa yang sudah dicapai Lalu, semestinya dia bisa masuk semifinal, kalau dia bisa pertahankan 10.03 detik mestinya bisa tergantung kamu (Zohri) nantinya yaa," jelasnya.

Sementara itu,  Zohri, yang baru saja kembali berlatih setelah sempat mengalami cedera lutut, yang membuatnya harus menjalani operasi, beberapa waktu lalu, mengatakan, saat ini, ia sudah siap 100% tampil di Olimpiade Tokyo.

"Sekarang sih siap-siap saja, pertama mental, terus teknik dan percaya diri. Kalau untuk kondisi (fisik) sekarang sudah 100%, sudah siap" ucap Zohri.

Zohri juga menyebutkan ia memiliki target sendiri pada Olimpiade nanti yakni mencatatkan waktu maksimal 9,99 detik.

"Saya punya target pribadi yaitu mencatatkan waktu di bawah 10 detik, ya maksimal 9.99 detiklah kalau target saya," sebutnya.

"Yang penting sekarang fokus pertandingan. Memberikan yang terbaik dan mengubah catatan waktu menjadi lebih baik. Pokonya fokus aja dulu untuk saat ini," terangnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT