04 May 2021, 10:45 WIB

Pelatih Sebut Zohri Semakin Maju Jelang Olimpiade Tokyo


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PELATIH lari jarak pendek Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Eni Nuraini mengungkapkan progres latihan Lalu Muhammad Zohri, jelang Olimpiade Tokyo 2020, sejauh ini, sudah cukup baik.

Disebutkannya, berdasarkan catatan selama latihan terakhir, kondisi Zohri sudah kembali seperti sedia kala, setelah sempat mengalami cedera lutut yang membuatnya menjalani operasi, beberapa waktu lalu.

"Progresnya bagus. Jadi, dalam latihan-latihan kemarin yang terakhir-terakhir itu kan selalu kita liat catatan waktunya pakai stopwatch dan memang sudah kembali performanya seperti saat sebelum cedera," ucap Eni dalam keterangan resmi, Selasa (4/5).

Baca juga: PASI Targetkan Punya Lima Atlet di 30 Besar Dunia

Eni menjelaskan, dalam latihan terakhir, Zohri sukses mencatatkan waktu 9,56 detik dengan teknik flaying start. Angka tersebut di atas pencapaian tertinggi Zohri yakni 10,03 detik.

Sementara, pada latihan lari jarak 60 meter, Eni mengungkapkan pria kelahiran Nusa Tenggara Barat itu mencatatkan waktu 6,63 detik, yang menurut Eni merupakan angka yang cukup bagus.

"Baru 60 meternya aja kita tes itu sudah 6,63 detik, Itu sudah cukup bagus. Terus kemarin 100 meter dengan flaying start sudah 9,56 detik. Tapi klo pakai start block 10 detik lebih sedikitlah dia bisa," tuturnya.

Dengan Olimpiade yang akan digelar pada 23 Juli mendatang atau sekitar 3 bulan lagi, Eni mengaku optimistis anak asuhnya dapat mempertahankan waktu terbaiknya (10,03 detik) atau bahkan di bawah angka tersebut di Tokyo nantinya.

"Dengan kita masih punya waktu beberapa bulan lagi, sekitar 3 bulan lagi, saya kira bisalah (mempertahankan waktu terbaiknya). Kita juga akan liat nanti seperti apa hasi test event Olimpiade di Jepang nanti," terang Eni.

Sebelum berlaga di Olimpiade Tokyo Juli mendatang, Zohri akan terlebih dahulu mengikuti test event Olimpiade 9 Mei mendatang di Jepang.

Tes event Olimpiade tersebut merupakan babak pemanasan sebelum seluruh atlet atletik peringkat terbaik dunia tampil di Olimpiade Tokyo tahun ini.

Nantinya, PB PASI akan menurunkan dua atletnya di turnamen tersebut yakni Zohri (nomor lari 100 m putra) dan Sapwaturrahman (nomor lompat jauh). Mereka dijadwalkan akan terbang ke Jepang pada Selasa (4/5) malam. (OL-1)

BERITA TERKAIT