02 May 2021, 23:36 WIB

Lewis Hamilton Juarai GP Portugal Nyaris Tanpa Cela


Mediaindonesia.com | Olahraga

Lewis Hamilton tampil nyaris tanpa kesalahan di balik kemudi mobil Mercedes untuk menjuarai Grand Prix Portugal pada Minggu (2/5) mengalahkan rival utamanya, Max Verstappen.

Baca juga : Pebalap Lewis Hamilton Fokus Dorong Keragaman

Dengan kemenangan itu, sang juara dunia tujuh kali menambah rekor kemenangan Grand Prix sebanyak 97 kali dalam kariernya dan memperlebar jaraknya dari Verstappen di klasemen pebalap setelah tiga balapan.

Di saat Hamilton naik podium teratas untuk kedua kalinya di Sirkuit Algarve, Portimao, setelah kemenangan tahun lalu, rekan satu timnya, Valtteri Bottas melengkapi podium di peringkat tiga meski start dari pole position. "Secara mental ini balapan yang berat, menjaga semuanya, sangat berangin di luar sana," kata Hamilton pascalomba seperti dikutip laman resmi F1.

Balapan ketiga di kalender tersebut sempat diwarnai insiden tabrakan antara Kimi Raikkonen dan rekan satu timnya di Alfa Romeo, Antonio Giovinazzi, di lap ke-2 sehingga safety car dikeluarkan sebelum restart."Saya kalah saat restart, yang mana itu tidak bagus, saya tidak senang. Dengan Valtteri saya harus membuat gerakan lebih dini sebelum ban ini hancur," kata Hamilton.

Sejumlah manuver overtaking yang mulus membantu Hamilton meraih kemenangan keduanya dari tiga balapan pertama musim ini membalas kemenangan Verstappen di Imola.

Verstappen finis runner-up setelah menyalip Bottas di pertengahan lomba. Sedangkan Sergio Perez di mobil Red Bull kedua finis cukup jauh di peringkat keempat.

Pebalap McLaren Lando Norris mengklaim P5, mengalahkan Charles Leclerc dari Ferrari dengan jarak empat detik.

Sedangkan duet tim Alpine Esteban Ocon dan Fernando Alonso membawa pulang poin ganda bagi tim milik Renault itu di P7 dan P8.

Daniel Ricciardo di mobil McLaren kedua finis P9 meski gagal menyintas Q1 pada Sabtu sedangkan Pierre Gasly dari tim Alpha Tauri melengkapi posisi finis sepuluh besar hari itu setelah menyalip mobil Ferrari Carlos Sainz untuk merebut poin terakhir yang tersedia.

Hamilton kini memperlebar jaraknya dari Verstappen dengan margin delapan poin sebagai pemuncak klasemen jelang Grand Prix Spanyol pekan depan. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT