02 May 2021, 06:43 WIB

Quartararo Bertekad Raih Kemenangan Beruntun Ketiga di Jerez


Basuki Eka Purnama | Olahraga

FABIO Quartararo, Sabtu (1/5), merebut posisi pole Grand Prix Spanyol untuk keempat kalinya secara beruntun sehingga memperbesar peluang merajai balapan di Sirkuit Jerez-Angel Nieto tersebut.

Jerez menjadi saksi bagaimana Quartararo mengklaim posisi pole pertamanya sebagai rookie MotoGP pada 2019. Namun, kendala teknis memupuskan peluang emas pertama pembalap Prancis itu pada balapan tahun itu.

Kemudian, pada musim 2020 yang terdampak pandemi, pembalap berusia 22 tahun itu kembali start terdepan dalam dua balapan pembuka musim yang digelar di Jerez dan menyapu bersih kemenangan di sana.

Baca juga: Marquez: Air fence Menyelamatkan Saya Saat Kecelakaan di Jerez

Pembalap tim Monster Energy Yamaha meraih posisi pole keempat kalinya di Jerez dengan mencatatkan waktu 1:36,755 detik, mengalahkan mantan rekan satu timnya di Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, dengan margin tipis 0,057 detik.

Pembalap Ducati Jack Miller melengkapi posisi start baris terdepan di P3 setelah finis 0,105 detik lebih lambat.

"Hari ini terasa sangat baik. Jerez adalah salah satu trek yang sangat saya sukai," kata Quartararo seperti dikutip laman resmi tim.

"Saya telah mengendarai Yamaha empat kali di sini dan empat kali saya meraih posisi pole. Ini momen yang cukup luar biasa."

"Namun, saya bisa bilang sesi Q2 hari ini saya hampir melewati batas. Saya kira saya akan terjatuh di Tikungan 6 dan Tikungan 13, saya membuat kesalahan di Tikungan 6, tetapi pada akhirnya itu tidak masalah karena kami meraih posisi pole hari ini."

"Besok tidak akan mudah, tetapi saya merasa siap dan memiliki potensi yang baik. Ban medium dan hard keduanya bekerja dengan baik, jadi kami akan memanfaaatkan sesi pemanasan besok untuk memutuskan apa yang akan kami gunakan," lanjutnya.

Start bukan kekuatan utama Quartararo di awal musim ini, meskipun dia telah meraih dua kemenangan di GP Doha dan GP Portugal demi memuncaki klasemen dengan keunggulan 15 poin dari Bagnaia.

Morbidelli akan mengancam El Diablo dari P2, belum lagi tiga pembalap Ducati, Jack Miller, Francesco Bagnaia, dan Johann Zarco, yang berada pada dua baris terdepan.

"Franco sangat cepat, Jack, juga rekan satu timku (Maverick Vinales)," kata Quartararo soal siapa yang menjadi ancaman dalam balapan nanti.

"Suzuki selalu ada tentunya, mereka akan menghadang. Tapi, saya merasa kami akan melakukan tugas yang baik," pungkasnya. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT