13 April 2021, 10:45 WIB

PBSI Bidik Sebanyak Mungkin Tempat di Olimpiade Tokyo


Rifaldi Putra I | Olahraga

DUA bulan jelang berakhirnya kualifikasi Olimpiade Tokyo, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) berusaha sekuat tenaga untuk mengamankan sebanyak mungkin tiket menuju Olimpiade Tokyo.

Berdasarkan peringkat race to Tokyo yang dirilis oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Indonesia saat ini sudah mengamankan masing-masing dua tempat di nomor tunggal putra dan ganda putra, satu tempat di nomor ganda putri serta satu tempat di ganda campuran.

Dikatakan oleh Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI Rionny Mainaky, Indonesia saat ini masih memiliki peluang untuk menambah satu pasangan lagi di Olimpiade Tokyo yakni di nomor ganda campuran karena masih ada waktu untuk mencuri poin.

"Posisi Gloria dan Hafiz masih belum aman. Saat ini, mereka ada di urutan delapan peringkat race to Tokyo. Mereka membutuhkan poin tambahan agar bisa lolos ke Tokyo," Kata Rionny dalam keterangannya, Selasa (13/4).

Kualifikasi Olimpiade Tokyo untuk cabang bulu tangkis akan berakhir pada 13 Juni. Masih ada tiga turnamen yang menyediakan poin kualifikasi Olimpiade yakni India Open, Malaysia Open pada bulan Mei, serta Singapore Open pada bulan Juni.

Baca juga:  KOI Berupaya Hadirkan Suporter Indonesia di Olimpiade Tokyo

PBSI akan mengirimkan pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja ke turnamen India Open yang akan berlangsung pada 11-16 Mei. Rionny meminta pasangan ganda campuran itu dapat tampil maksimal untuk mengamankan tiket Olimpiade Tokyo.

"Gloria dan Hafiz harus bekerja keras agar bisa mendapatkan poin di India, dan mereka harus menjaga kondisi mereka. Mereka harus fokus agar mampu mendapatkan hasil yang bagus," ujar Rionny.

Mendapatkan hasil kurang maksimal di turnamen Swiss Open beberapa waktu lalu, Rionny berharap Hafiz/Gloria dapat mencatatkan pencapaian yang lebih tinggi dan berharap dapat memembus babak Semifinal atau Final.

"Harapan kami mereka bisa menembus semifinal atau final, yang penting menambah poin sebanyak-banyaknya. Jadi semoga mereka bisa lebih fokus," tukasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT