11 April 2021, 15:06 WIB

Blackmore, Joki Putri Pertama Raih Grand National di Inggris


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

JOKI Rachel Blackmore mencatatkan sejarah baru sebagai joki wanita pertama yang memenangkan Grand National dengan tunggangannya Minella Time, di Aintree Racecourse, Inggris, Sabtu, (10/4) waktu setempat.

Wanita berusia 31 tahun asal Irlandia itu menambahkan capaian gemilang lainnya dalam perjalanan kariernya di olahraga berkuda, setelah sebelumnya memenangkan Champion Hurdle, Ballymore Novices 'Hurdle, Champion Bumper, Ryanair Chase, Mares' Novices 'Hurdle dan Triumph Hurdle.

"Saya tidak merasa saya perempuan, laki-laki atau bahkan manusia saat ini. Kemenangan ini sulit dipercaya," ucap Blackmore, dilansir dari AFP, Minggu, (11/4) WIB.

Pencapaian Blackmore itu pun, melampaui capaian joki wanita terbaik dalam turnamen Grand National yakni Katie Walsh yang finis ketiga pada 2012 lalu.

Dalam kejuaraan edisi ke-173 itu, Blackmore meraih kemenangan mengenakan livery berwarna hijau dan kuning. Ia pun memuji tungganganya yang telah membawanya pada kemenangan luar biasa tersebut.

"Dia memberi saya putaran yang benar-benar sensasional. Saya sangat beruntung bisa menungganginya dan saya tidak percaya kami baru saja memenangi grand slam. Dia luar biasa dan melompat dengan indah," tururnya.

Mengaku senang menonton film National Velvet yang dibintangi Elizabeth Taylor yang merupakan film ikonik tahun 1994 d mana film terkait kejuaraan Grand National. dia tak menyangka perjalanan hidupnya dapat disandingkan dengan film National Velvet.

"National Velvet jelas merupakan salah satu favorit saya, aku tak menyangka dapat disandingkan," terangnya.

Meskipun tak ada penggemar di acara Grand National, akibat pandemi covid-19. Namun kemenangan Blackmore tetap diwarnai sorak sorai dan tepuk tangan pihak yang terlibat dalam kejuaraan tersebut. (Rif/AFP/OL-09)

BERITA TERKAIT