07 April 2021, 20:59 WIB

PB PON Papua Berharap Dukungan Kemenpora Soal Peralatan


Robby Pratama | Olahraga

PENGURUS  Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua 2021 mengaku terus  menyiapkan diri dalam menggelar pesta olahraga nasional tersebut. Saat ini fokus mereka soal peralatan.

Untuk itu mereka sangat berharap peran serta Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam mendukung penyediaan peralatan tersebut.  Pasalnya hal itu menjadi salah satu faktor penunjang kesiapan penyelenggaran PON XX.

Baca juga: Mathius Awoitauw Terima Peserta CdM Meeting II PON XX 2021

Ketua Bidang 1 PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengaku saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Kemenpora untuk penyediaan peralatan pertandingan. "Ya kita terus berkoordinasi menyelenggarakan PON di empat cluster yakni kota Jayapura dan 3 kabupaten."

"Kemudian kita mempertandingkan 37 cabang olahraga, ada 681 nomor pertandingan, 1783 sejumlah medali yang diperebutkan atau dipertandingkan, 681 medali emas, 681 medali perak, dan 877 medali perunggu. Adapun atle yang akan bertanding sebanyak 6496, ofisial  3257, jumlah panitia 9904. Dan itu adalah kerja dari bidang pertandingan yang akan memfinalisasi," ujarnya.

Selain dengan Kemenpora, PB PON Papua, kata dia. juga terus mengupayakan pengadaan peralatan dari berbagai pihak. Masalahnya adalah akibat pandemi covid-19, semuanya lebih sulit didapat.

"Dalam hal ini tantangannya adalah peralatan, peralatan yang pertama terdistribusi dari panitia besar PON dan sebagian kemenpora," kata Yusuf.

Dia menambahkan, yang membawahi bidang pertandingan arena dan peralatan kesiapan sejauh ini satu mencapai 80%. Pihaknya menargetkan pada Juli mendatang sudah mencapai sekitar 90 %.

"Sejauh ini sudah mencapai 80%, namun kekurangan akan kelengkapan fasilitas, akomodasi nanti akan kami sesuaikan untuk bisa mencapai 90%," ujar Yusuf. (A-1)

BERITA TERKAIT