31 March 2021, 11:15 WIB

Melaju ke Semifinal Miami Terbuka, Svitolina Siap Hadapi Barty


Rifaldi Putra Irianto |

PETENIS unggulan kelima Elina Svitolina memantapkan langkahnya menuju semifinal Miami Terbuka usai membekuk petenis Latvia Anastasija Sevastova dengan kemenangan dua set langsung 6-3, 6-2, Rabu (31/3).

Tampil dominan sepanjang pertandingan, Svitolina hanya membutuhkan waktu 69 menit untuk meningkatkan rekor head to headnya melawan Sevastova menjadi 3-1.

"Saya selalu ingin bermain bagus di sini, di Miami. Ini salah satu turnamen terbesar dan bermain di sini selalu luar biasa, jadi saya sangat senang dengan penampilan kali ini," ucap Svitolina usai pertandingan, Rabu (31/3).

"Saya tahu dia petarung yang hebat dan akan mencoba untuk bangkit, tidak peduli skornya. Tapi pada akhirnya saya pikir saya bermain sangat bagus sepanjang pertandingan dan saya benar-benar senang dengan cara saya menyelesaikannya," imbuhnya.

Dalam pertandingan set pembuka, kedua petenis itu bertarung sengit untuk merebut kemenangan, memperdagangkan break dua kali dalam enam gim pertama, kedudukan pun imbang 3-3.

Meningkatkan level permainannya, Svitolina pun langsung tancap gas untuk merebut tiga gim langsung membuatnya unggul 6-3 di set pertama.

Tren positif itu terus berlanjut di set kedua, saat Svitolina semakin menggila untuk memimpin 4-0, meskipun Sevastova berhasil mengamankan dua gim namun ketangguhan petenis Ukraina Svitolina tak terbendung dengab merebut kemenangan 6-2.

"Saya berlatih dengannya berkali-kali. Saya bermain melawannya berkali-kali. Dia selalu mencoba membangun poin, dia pemain yang licik untuk di lawan," tutur Svitolina.

"Jadi saya harus benar-benar menyesuaikan permainan agar tidak terlalu terburu-buru, karena jika anda terburu-buru melawannya anda bisa banyak membuat kesalahan," jelasnya.

Baca juga:  Agresivitas Svitolina Bawa Kemenangan dan Maju ke Babak Keempat

Atas kemenangan itu, Svitolina pun berhasil melaju ke Semifinal pertamanya di Miami Terbuka. Upaya terbaik petenis Ukraina itu di Miami adalah saat ia mencapai perempat final pada tahun 2018.

Akan menghadapi petenis peringkat satu dunia, Ashleigh Barty, yang juga lolos ke babak semifinal setelah menghempaskan petenis Belarus Aryna Sabalenka. Svitolina mengatakan siap bertarung dengan sekuat tenaga untuk melaju ke babak final.

"Saya pikir kami berdua petarung besar, saya rasa ketika anda memainkan permainan level tinggi, anda akan mencoba untuk menjadi sangat fokus, lebih fokus dari apa pun. Jadi sangat sulit bagi saya untuk kalah dan saya akan bermain lebih baik lagi," tegasnya.

"Saya mengenal Ash untuk waktu yang lama dan kami telah bermain berkali-kali sebelumnya. Dia petenis nomor satu dan itu pencapaian yang luar bisa untuknya, saya rasa ini akan menjadi pertandingan yang menantang, tapi saya siap untuk itu," tukasnya.(WTA/OL-5)

BERITA TERKAIT