24 March 2021, 19:28 WIB

Peran BUMN untuk Dongkrak Prestasi Olahraga Dinanti


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

KOMITE Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat berharap BUMN atau perusahaan pelat merah di Indonesia dapat ikut berperan dalam meningkatkan prestasi olahraga nasional. 

Harapan demikian diutarakan Sekjen KONI Pusat TB Ade Lukman saat menjadi narasumber pada Seminar Olahraga Nasional yang digelar PWI Pusat di Jakarta, Rabu (24/3). 

Disebutnya, Hal ini pernah terjadi pada dua dekade lalu, saat BUMN sama-sama saling mensupport cabang olahraga yang akan berangkat ke SEA Games dan Asian Games. 

Menurut Ade Lukman, kerjasama yang dilakukan kedua pihak antara BUMN dengan cabang olahraga harus saling menguntungkan. 

"Jangan sampai BUMN tidak diberi keuntungan apapun. Dan keuntungan tidak harus berupa materi," kata Ade Lukman, dalam pemaparannya, Rabu, (24/3). 

Baca juga : KOI: Indonesia Masih Berpeluang Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Dia mencontohkan, di Eropa ada perusahaan mobil truk yang tengah mencari klub olahraga untuk dijadikan partner. Akhirnya, perusahaan tersebut memilih klub yang memiliki karakteristik sama dengan produk itu sendiri, misalnya harus kuat, gagah, perkasa. 

Setelah dicari-cari, akhirnya ditemukan sebuah klub rugby asal Selandia Baru, All Black. "Apa yang diuntungkan dengan menggaet All Black? Terlihat bahwa sales penjualan mobil truk itu meningkat tajam," ujar Ade Lukman. 

Untuk mewujudkan terciptanya kerja sama antara BUMN dan dunia Olahraga, Ia pun mengatakan KONI Pusat nantinya akan berkunjung ke Kementerian BUMN untuk merealisasikan bapak angkat cabor prestasi. 

"Hal seperti ini harus saling menguntungkan. Bagaimana memberikan keuntungan dari bapak angkat. Kalau sudah terjalin kerja sama, kami yakin bisa berikan kontribusi dan prestasi yang besar di tingkat internasional. KONI Pusat ingin menghadap Menteri BUMN untuk merealisasikan bapak angkat cabor prestasi," jelasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT