06 March 2021, 23:30 WIB

Likupang Gelar Indonesia Triathlon Series 2021


Mediaindonesia.com | Olahraga

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, memastikan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara sebagai tuan rumah Indonesia Triathlon Series 2021.

"Kami baru saja menyelesaikan 'try out' mini triathlon Likupang yang merupakan pemanasan untuk rangkaian Indonesia Triathlon Series yang akan kita 'kick-off' Bulan Maret ini di Belitung," katanya di Minahasa Utara, Sabtu.

Ditemani sejumlah atlet dari Kota Manado, Sandiaga melakukan renang di laut sejauh 1.054 meter, kemudian dilanjutkan dengan lari sepanjang lima kilometer.

Dari hasil uji coba yang dilakukan, Likupang dinilai siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan wisata berbasis olahraga itu.

"Ombaknya tadi cukup menantang, menambah sensasi berenang di 'open water'. Tadi di tengah karangnya juga masih sangat alami, sangat bagus. Kita bisa melihat ikan warna-warni yang jadi pemandangan indah bawah laut," katanya.

Ia menilai kawasan Likupang juga cocok untuk dikembangkan ke depannya sebagai lokasi kegiatan Meeting, Incentive, Exhibition, dan Event (MICE).

Baca juga : Polri Terbitkan Surat Izin IBL 2021

"Jadi harapan saya, kegiatan ini bisa menebar harapan, menebar momentum kebangkitan pariwisata. Seiring dengan penurunan angka penularan Covid-19, kita giatkan kembali pariwisata untuk meningkatkan kembali ekonomi rakyat, membuka lapangan kerja. Dan yang penting semangat untuk bangkit, bahwa pariwisata adalah bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah," ujarnya.

Indonesia Triathlon Series merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah dan komunitas Indonesia Triathlon.

Seri pertama akan dimulai di Belitung pada 13 Maret 2021 dan berlanjut sepanjang tahun di berbagai destinasi wisata di Tanah Air, di antaranya Kendari, Palembang, dan Likupang.

Dalam pelaksanaannya nanti, Indonesia Triathlon Series dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat yang dimulai dari pembatasan peserta, cek kesehatan, disinfektan peralatan, hingga penerapan konsep "travel bubble" dalam penanganan peserta. Untuk pelaksanaan di Likupang rencananya pada Mei 2021.

Menteri Sandiaga menjajal langsung fasilitas olahraga di Likupang untuk memastikan kawasan tersebut siap menggelar ajang sport tourism tersebut. (Ant/OL-7)

BERITA TERKAIT