05 March 2021, 14:18 WIB

Porsche Berniat Ramaikan Kompetisi F1


Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

PORSCHE dan induk perusahaan Volkswagen mempertimbangkan untuk ambil bagian di ajang Formula 1 (F1). Namun, keputusan tersebut menunggu arah regulasi terkait mesin mobil F1 Untuk 2025.

Balap jet darat dalam beberapa tahun terakhir mulai melakukan perubahan besar dalam regulasi. Tujuannya, mengikis gap persaingan dan mendorong keberlanjutan dari olahraga balap mobil tersebut.

Dimulai dari reformasi aturan keuangan terkait pembiayaan dan pengembangan mobil, kemudian desain mobil yang lebih mengedepankan aerodinamika. Pada 2025, F1 akan melakukan perubahan regulasi terkait power unit yang mengedepankan prinsip keberlanjutan.

Baca juga: Nikita Mazepin Ambil Pelajaran dari Kesalahan Besar Tahun Lalu

Perubahan terakhir itu membuat Volkswagen Group (VAG) tertarik untuk kembali ke F1.  Selain itu, Porsche telah bermitra dengan Siemens Energy dalam fasilitas eFuel baru di Cile.

“Akan sangat menarik jika aspek keberlanjutan, misalnya penerapan bahan bakar elektronik, berperan dalam hal ini. Jika aspek ini benar dipakai, kami akan mengevaluasinya secara rinci dalam VW Group dan membahas langkah lebih lanjut,” ungkap Wakil Presiden Porsche Motorsport Frizt Enzinger, Jumat (5/3).

Diketahui, Porsche pernah ambil bagian dalam kompetisi F1. Akan tetapi, menjadi bencana saat mereka memasok mesin ke Footwork pada 1991. Hingga akhirnya tim beralih ke Cosworth sebelum akhir tahun tersebut.

Baca juga: Bos Mercedes Nilai Red Bull akan Lebih Kuat di F1 Musim 2021

Porsche juga menjadi bagian dari kemenangan Niki Lauda juara dunia 1984. Serta, Alain Prost jadi kampiun musim 1985 dan 1986 dengan power unit bermerek TAG.

Memasuki 1960, Porsche sempat menjadi tim pabrikan dengan Dan Gurney memenangi Grand Prix Prancis 1962 ketika mengemudikan Porsche 804. Kini, salah satu rumor yang beredar jika nantinya VAG turun ke ajang F1 ialah akan menggunakan merek Porsche atau Audi.

Sejauh ini, belum dapat dipastikan apakah Porsche akan menjadi tim pabrikan atau hanya sebagai pemasok mesin bagi tim eksisting. Dikabarkan, VAG masih melakukan pembicaraan eksplorasi dengan tiga tim, yakni Williams, McLaren dan Red Bull.(Motorsport/BBC/OL-11)

BERITA TERKAIT