04 March 2021, 13:11 WIB

Tim Aston Martin Patok Target Lima Tahun untuk Merebut Gelar F1


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

TIM balap Formula 1 (F1) Aston Martin menggungkapkan pihaknya tengah mempersiapkan rencana jangka panjang untuk merebut kememenangan kejuaraan F1 dalam lima tahun kedepan.

Tim yang berbasis di Silverstone, Inggris, itu sedang memulai era baru di bawah julukan pabrikan mobil sport Inggris yang terkenal. Dan telah menetapkan ambisi yang tinggi tentang apa yang ingin dicapai dalam balap grand prix.

"Jauh lebih mudah untuk mengatakan kami akan berjuang dan memenangkan kejuaraan dunia daripada benar-benar melakukannya," ucap Kepala tim Otmar Szafnauer dikutip dari Motorsport, Kamis, (4/3).

"Dua hal yang harus terjadi adalah kami membutuhkan rencana yang baik, agar kami dapat memulai hari ini dan menjadi pesaing kejuaraan dunia, dan kemudian kami harus mengeksekusinya dan kami berada di tengah-tengah perencanaan itu sekarang," tuturnya.

Berbicara saat peluncuran mobil barunya untuk F1 musim 2021, Szafnauer mengatakan bahwa untuk mencapai ambisi itu pihaknya tengah merencanakan pabrik baru.

"Untuk tahun lalu kami telah merencanakan pabrik baru dengan infrastruktur baru, dan tempat untuk menampung kami di bawah satu atap untuk mengembangkan tim. Dan penerapannya baru saja dimulai di Silverstone," sebutnya.

"Eksekusinya pasti akan memakan waktu lama. Orang-orang di F1 dan tim lain mengatakan anda harus memberi kami waktu tiga hingga lima tahun untuk melakukannya," jelasnya.

"Misalnya jelang akhir 2022 kami pindah ke pabrik baru, dan di dalam pabrik itu kami akan membutuhkan alat cangih yang akan membantu kami merancang dan mengembangkan mobil yang layak bersaing untuk kejuaraan dunia, jadi saya rasa butuh waktu beberapa tahun lagi," terangnya.

Merekru juara dunia empat kali Sebastian Vettel untuk balapan F1 musim 2021, Szafnauer menyebutkan ia melihat kemajuan pesat dalam tim sejak debutnya pada 2019 lalu.

Merefleksikan target Aston Martin untuk meraih gelar juara dalam lima tahun kedepan, Vettel mengungkapkan rencana jangka panjang itu terlihat realistis.

"Saya pikir ini proyek jangka panjang yang harus dilakukan jika anda benar-benar ingin menang," sebut Vettel.

"Jelas jika anda melihat Mercedes, mereka memulainya pada 2011, 2012 dan kemudian benar-benar berada di jalur kemenangan saat ini," tukasnya.

Adapun diketahui, kejuaraan F1 akan mulai bergulir dengan seri pembuka di Bahrain pada 28 Maret mendatang. Namun sebelum seri pembuka, tes pramusim akan digelar pada 12-14 Maret di Bahrain. (Rif/Motorsport/OL-09)

BERITA TERKAIT