01 March 2021, 15:49 WIB

Menpora Targetkan Indonesia Masuk 10 Besar Olimpiade 2032


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

MENTERI Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menargetkan kontingen Indonesia untuk menembus peringkat 10 besar. Dalam hal ini, jika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang.

Hal itu di ungkapkan Zainudin dalam sambutannya di Rapat Anggota 2021 Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang digelar secara virtual. Zainudin berpendapat bahwa ambisinya cukup realistis. Mengingat, masih ada waktu 11 tahun untuk stakeholder olahraga mempersiapkan para atlet.

"Apabila kita menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 dan menang bidding, kita akan berusaha sukses. Baik secara penyelenggaraan maupun prestasi. Tentu target harus realistis. Sementara ini kami mencanangkan dalam posisi 10 besar," pungkas Zainduin, Senin (1/3).

Baca juga: Wapres Saksikan Vaksinasi untuk Atlet dan Ofisial

Lebih lanjut, Zainudin menjelaskan target ini berdasarkan catatan partisipasi Indonesia sejak Olimpiade 1952. Untuk mendukung target tersebut, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah melakukan sejumlah diskusi dengan berbagai stakeholder untuk melahirkan grand design keolahragaan nasional.

Selain itu, Kemenpora juga menetapkan 14 cabang olahraga (cabor) unggulan yang akan menjadi prioritas, khususnya dalam anggaran pelatnas. Namun, pihaknya belum bisa menjabarkan secara detail nama cabor yang dimaksud.

Baca juga: Basuki Hadimuljono Terpilih Lagi Jadi Ketum PODSI

"Kami sudah memetakan 14 cabor unggulan yang dalam perjalanan Olimpiade, telah memberikan kontribusi prestasi dan potensi prestasi," imbuh Zainudin.

Sepanjang perjalanan Indonesia di pesta olahraga empat tahunan, kontingen Merah Putih telah mengumpulkan 32 medali. Terdiri dari tiga cabang andalan, yakni bulu tangkis (19 medali), angkat besi (12 medali) dan panahan (1 medali).

Diketahui, Indonesia tengah berupaya menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Selain Indonesia, sejumlah negara juga mengutarakan minat serupa. Misalnya, Australia dan Tiongkok.(OL-11)

BERITA TERKAIT