24 February 2021, 12:27 WIB

Mimika Siap Sambut Pon XX Papua 2021


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEMERINTAH Kabupaten Mimika dan seluruh stakeholder siap menyambut penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Seperti diketahui, Kabupaten Mimika merupakan salah satu klaster yang akan menyelenggarakan sejumlah pertandingan cabang olahraga (cabor) PON Papua di antaranya cabor Aeromodeling, terbang layang, terjun payung, atletik, bola basket 5x5, bola basket 3x3, panjat tebing, biliar, bola tangan, futsal, judo, dan tarung drajat.

Sekretaris Umum Sub PON XX Papua Klaster Mimika Cesar Avianto mengatakan kesiapan Kabupaten Mimika sebagai salah satu klaster penyelenggaraan event olahraga nasional empat tahunan itu sudah cukup matang.

"Progres kesiapan venue-venue yang berada di Mimika sudah siap. Progres seluruh venue secara umum sudah siap," ucap Cesar dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (24/2).

Cesar bahkan mengklaim kesiapan venue di Kabupaten Mimika sudah 100% dan hanya tinggal melengkapi fasilitas pendukung pertandingan.

"Untuk venue yang masih dalam penambahan fasilitas itu ada aeromodeling, terbang layang dan biliar. Itu masih harus dilengkapi lagi dan mudah-mudahan sebelum tes event semua sudah beres," tuturnya.

Baca juga: 6.484 Atlet akan Berpartisipasi di PON Papua

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Alexander Kapisa, sejumlah venue yang dibangun dari dana APBD maupun APBN sudah rampung 100%.

Namun masih diperlukan fasilitas pendukung, guna memastikan venue tersebut dapat mempertandingkan seluruh cabang olahraga dengan maksimal.

"Makannya kita perlu berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk mendukung penyelesaian lingkungan yang berada di masing-masing venue," ungkap Alexander.

"Memang sejumlah venue sudah rampung, tetapi masih butuh infrastruktur pendukung seperti penerangan, air bersih, penataan kawasan, dan ini tugas dari SKPD terkait. Contoh untuk Dinas Pekerjaan Umum yang menyiapkan penataan kawasan, air bersih, serta jalan masuk ke masing-masing venue," tukasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT