23 February 2021, 10:33 WIB

Jelang MotoGP 2021, Pol Espargaro Akui Alami Tekanan Luar Biasa


 Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

SETELAH tiga tahun bersama Yamaha dan empat tahun membalap dengan Red Bull KTM, pembalap Spanyol Pol Espargaro bersiap menjalani debutnya bersama tim Repsol Honda pada kejuaraan MotoGP musim 2021.

Hanya akan melakukan lima hari tes pramusim di Qatar, pada 6-7 Maret dan 10-12 Maret. Espargaro mengaku pemotongan tes pramusim yang hanya dilakukan lima hari menyusul pandemi Covid-19 membuatnya sedikit khawatir dengan performanya di musim 2021.

"Seratis persen (khawatir), bukan rencana yang sempurna untuk memulai di tim baru dengan motor baru di kejuaraan MotoGP, di mana levelnya sangat tinggi," ucap Espargaro, dilansir dari Speedweek, Selasa, (23/2).

"Di MotoGP ada pengemudi muda, pabrikan bagus, dan semua orang akan bekerja dengan kecepatan penuh sejak hari pertama. Dan saya hanya punya waktu lima hari untuk mempersiapkan itu sebelum Grand Prix pertama di Qatar," imbuhnya.

Menyadari bahwa akan memulai musim dengan sulit, pembalap Spanyol berusia 29 tahu itu menyebutkan ia telah menyiapkan sejumlah strategi untuk musim 2021 bersama dengan tim.

"Saya tahu pramusim akan sangat singkat, kami telah berbicara banyak di tim dan berbicara tentang strategi untuk tes dan balapan saya pikir telah menciptakan situasi yang baik untuk belajar dan menguji dengan cepat, menghindari masalah dan bersiap untuk balapan pertama," terangnya.

Terkait target untuk musim 2021, juara dunia Moto2 pada 2013 itu mengatakan saat ini dirinya belum memiliki target untuk musim 2021 dan hanya akan berusaha melakukan yang terbaik.

"Saya belum bisa menjawab pertanyaan itu (target musim 2021), karena saya tidak tahu apa yang diharapkan dari musim ini. Kalau kita melihat tahun lalu membalap disituasi pandemi Covid-19 sangat sulit," sebutnya.

"Saya tidak akan menjalani banyak hari pengujian, jadi awal musim akan sulit. Tetapi saya benar-benar fokus untuk mewujudkan impian saya di sini," tukasnya. (Rif/Speedweek/OL-09)

BERITA TERKAIT