18 February 2021, 19:00 WIB

Mantan Atlet Gantikan Mori Jadi Ketua Olimpiade Jepang


Rifaldi Putra irianto | Olahraga

MENTERI Olimpiade Jepang Seiko Hashimoto, resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, menggantikan pendahulunya Yoshiro Mori (83) yang mengundurkan diri. 

Diketahui, Mori mengundurkan diri setelah menuai kecaman berbagai pihak akibat  perkataanya terkait "wanita berbicara terlalu banyak di dalam rapat". Publik menganggap perkataan Mori tersebut merendahkan wanita dan meminta Mori untuk mundur dari jabatannya. 

Menggantikan Mori, Hashimoto merupakan mantan atlet Olimpiade yang pernah berkompetisi dalam cabang olahraga speed skating pada 1988 sampai 1996. Pencapaian tertinggi yang pernah diraihnya pada Olimpiade yakni saat ia meraih Medali Perunggu pada speed skating Olimpiade Musim Dingin 1992. 

"Saya akan berusaha keras untuk keberhasilan Olimpiade Tokyo," ucap Hashimoto, dikuti AFP, Kamis, (18/2). 

Baca juga : Jelang All England, Daya Tahan Ginting dan Jonathan Jadi Perhatian

Setelah terpilihnya Hashimoto menjadi Ketua Umum Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, wanita berusia 56 tahun itu pun langsung menyerahkan pengunduran dirinya sebagai Menteri Olimpiade kepada Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga. 

Pengunduran diri Hashimoto sebagai Menteri Olimpiade harus dilakukan, menyusul peraturan pemerintah setempat yang melarang adanya rangkap jabatan. 

Hashimoto menyebutkan, prioritas utamanya setelah ia menjabat sebagai Ketua Umum Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 adalah tindakan pencegahan virus covid-19. 

"Saya akan bekerja keras untuk memastikan publik baik dalam negeri maupun luar negeri merasa ini akan menjadi Olimpiade yang aman dan terjamin," tukasnya. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT