14 February 2021, 15:21 WIB

Lolos ke Perempat Final, Karatsev Ukir Rekor di Australia Terbuka


adiyanto | Olahraga

Petenis Rusia, Aslan Karatsev kembali membuat kejutan dengan lolos ke perempat final Grand Slam Australia Terbuka setelah, menumbangkan unggulan ke-20 Felix Auger-Aliassime, Minggu (14/2).

Petenis berusia 27 tahun itu, hampir tidak dikenal sebelum turnamen dimulai. Dia pun mesti berjuang dari babak kualifikasi. Kendati demikian, usaha Karatsev gigih. Meski sempat ketinggalan dua set untuk mengalahkan lawannya asal Kanada itu, ia akhirnya menang dengan 3-6, 1-6, 6-3, 6-3, 6-4 di Margaret Court Arena.

"Sangat sulit pada awalnya bermain melawan dia. Dia tampil sangat cepat dan saya butuh dua set untuk menemukan ritme permainan," kata Karatsev tentang lawannya itu.

Sukses tersebut melanjutkan kiprahnya sebagai ‘pembunuh raksasa’ di turnamen ini. Sebelumnya, Karatsev juga mengalahkan unggulan kedelapan Diego Schwartzmann di babak ketiga. Selanjutnya, dia akan menghadapi petenis nomor tiga dunia, Dominic Thiem atau Grigor Dimitrov.

Karatsev, peringkat 114, merupakan debutan di turnamen Grand Slam. Dia menjadi petenis debutan yang mencapai perempat final sejak petenis Rumania Alex Radulescu di Wimbledon pada 1996.

Dia juga adalah petenis kualifikasi pertama yang meraih prestasi tersebut sejak petenis Australia Bernard Tomic di Wimbledon pada 2011, dan hanya yang ketiga di Australia Terbuka setelah Bob Giltinan pada 1977 dan Goran Ivanisevic pada 1989.

Karatsev merupakan anggota tim Piala ATP Rusia bersama dengan Daniil Medvedev dan Andrey Rublev. (AFP/M-4)

 

BERITA TERKAIT