13 February 2021, 03:05 WIB

Walau Alami Cedera, Djokovic Tetap Bertahan di Australia Terbuka


Widhoroso | Olahraga

UNGGULAN teratas Novak Djokovic mengatasi cedera parah saat berusaha mengamankan posisi ke babak 16 besar  grand slam Australia Terbuka 2021. Menghadapi melawan petenis Amerika Serikat, Taylor Fritz di Rod Laver Arena, Jumat (12/2), Djokovic harus bermain selama tiga jam 25 menit sebelum menang 7-6(1), 6-4, 3-6, 4-6, 6-2.

Juara Grand Slam awal musim sebanyak delapan kali ini tampak dalam masalah serius karena cedera yang muncul saat set ketiga di tubuh bagian kanannya. Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui terjadi sobekan di otot abdomen kanan.

"Saya tidak pernah meneteskan air mata (karena cedera), dan masih belum jelas apakah saya bisa ke lapangan dalam dua hari, semoga saya bisa bermain," kata Djokovic.

Fritz, unggulan ke-27, merebut set ketiga dan sempat memimpin pada set keempat. Namun pertandingan dihentikan sementara karena petugas keamanan menggiring penonton untuk keluar dari Rod Laver Arena seiring dengan aturan darurat lockdown selama lima hari yang dimulai pada tengah malam di Melbourne.

Tetapi penghentian itu membantu Djokovic untuk mendominasi set kelima, bangkit dari empat gim terakhir dengan akurasi baseline khasnya. Jika ia mampu pulih dalam dua hari, maka lawan selanjutnya di babak keempat yang dilaksanakan pada Minggu (14/2) adalah Milos Raonic.

"Secara mental dan emosional saya merasa luar biasa, sungguh melegakan untuk melakukan ini dalam kondisi yang saya alami. Itu adalah salah satu momen terbaik dalam karir saya dalam keadaan seperti ini," pungkasnya. (Ant/OL-15)

BERITA TERKAIT