29 January 2021, 10:03 WIB

Formula E Rilis Kalender Provisional 2021


Basuki Eka Purnama | Olahraga

FORMULA E, Kamis (28/1), membatalkan seri balapan di Paris karena pembatasan terkait pandemi covid-19 dan mengatakan E-Prix yang
direncanakan di Seoul, Korea Selatan, dan Sanya, Tiongkok, belum mendapatkan kejelasan.

Musim ketujuh balap mobil elektrik, yang sekarang telah diakui oleh FIA sebagai kejuaraan dunia, akan dimulai di Arab Saudi pada 26 dan 27 Februari dengan dua balapan malam di Diriyah.

"Pertimbangan kesehatan dan keamanan membuat penyelenggaraan spesifik dari E-Prix Paris di sekitar Les Invalides terlalu kompleks di musim ketujuh," ungkap Formula E dalam pernyataan resmi.

Baca juga: Carlos Sainz Lakukan Debut dengan Tim Ferrari di F1 Musim 2021

"Oleh karena itu, telah disepakati dengan Kota Paris sebagai gantinya untuk edisi musim kedelapan," lanjut Formula E

Paris akan kembali ke kalender 2022.

Kalender revisi yang menghadirkan jadwal balapan hingga Juni terdiri dari delapan balapan, dengan sejumlah balapan lainnya akan dikonfirmasi di awal musim semi Eropa.

"Kami berkomitmen menghadirkan kalender global yang layak untuk musim pertama kami sebagai kejuaraan dunia, kata Chief Executive Jamie Reigle.

Slot 10 April terkonfirmasi untuk Roma, sedangkan Valencia akan menempati slot 24 April, yang tadinya menjadi jatah Paris.

Monako tidak mengalami perubahan jadwal dan tetap akan digelar pada 8 Mei.

Kota Marrakesh di Maroko akan menggelar E-Prix pada 22 Mei, satu hari sebelum balapan di Seoul seharusnya digelar dan dua balapan di ibu kota
Cile, Santiago, diundur dari Januari ke 5 dan 6 Juni.

Balapan di Tiongkok pada 13 Maret untuk sementara ditunda, demikian pula di Mexico City.

Formula E mengatakan protokol ketat yang diterapkan dengan kota-kota tuan rumah akan memastikan keselamatan dan keamanan para kompetitor.

Musim balapan tahun lalu diakhiri dengan enam balapan yang digelar di Berlin, Jerman pada Agustus menyusul serentetan pembatalan.

E-Prix Valencia akan bertempat di Sirkuit Ricardo Tormo, tempat para tim telah melakukan tes dalam tiga tahun terakhir, yang berada di luar kota yang berada di Spanyol bagian timur tersebut. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT