28 January 2021, 09:42 WIB

Carlos Sainz Lakukan Debut dengan Tim Ferrari di F1 Musim 2021


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

SETELAH mendapatkan kontrak untuk membalap dengan tim Ferrari pada kejuaraan F1 musim 2021, mantan pembalap tim McLaren, Carlos Sainz, akhirnya melakukan lap pertamanya sebagai pembalap Ferrari, Rabu, (27/1) waktu setempat.

Berkesempatan menjajal mobil Ferrari SF71H, Sainz melakukan tes pertamanya dengan lebih dari 100 lap di Sirkuit Fiorano, Italia.

Menggantikan kursi milik juara empat kali Sebastian Vatel, tes ini dilakukan untuk membuat Sainz, mantan pembalap McLaren, memahami lebih bagaimana mobil Ferrari dan cara kerjanya.

"Alaram berbunyi saat fajar karena kami mengadakan beberapa pertemuan terlebih dahulu sebelum keluar ke lintasan balap," ucap Sainz yang menceritakan pengalaman perdananya bersama Ferrari, di kutip dari BBC, Kamis, (28/1) WIB.

Saat sampai di lintasan balap, Sainz mengatakan bahawa dia sangat senang dan terkejut karena Ferrari telah menyiapkan mobil balap untuknya dengan nomor andalannya 55.

"Salah satu momen paling istimewa bagi saya adalah ketika saya tiba di Sirkuit dan saya melihat Ferrari dengan nomor 55," tutunya.

"Rasanya saya sangat ingin langsung melompat ke dalam mobil. Dan saya ingin mengatakan bahwa putaran instalasi pertama itu sangat menyenangkan," terangnya.

Selain Sainz, sejumlah pembalap Ferrari lainnya juga melakukan tes uji coba tersebut seperti Charles Leclerc, dan anggota Ferrari Driver Academy yakni Giuliano Alesi, Marcus Armstrong, hingga Mick Schumacher.

Adapun, Ferrari mengalami musim terburuk mereka pada tahun 2020, di mana mereka hanya mampu finis di peringkat keenam pada klasemen konstraktor dengan memperoleh 131 poin.

Hal itu diperparah dengan dua pembalap andalan mereka pada musim 2020 yakni Leclerc dan Sebastian Vattel menduduki urutan delapan dan 13 di klasemen kejuaraan. (Rif/BBC/OL-09)

BERITA TERKAIT