26 January 2021, 14:06 WIB

Lima Wakil Indonesia Siap Berjuang di BWF World Tour Finals 2020


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

FEDERASI Bulu Tangkis Dunia (BWF), secara resmi mengumumkan hasil drawing BWF World Tour Finals 2020, Selasa (26/1).

Digelar di Bangkok, Thailand, pada 27-31 Januari 2021. BWF World Tour Finals merupakan turnamen penutup dari serangkaian kompetisi BWF sejak akhir 2019, sepanjang 2020, hingga dua penyelenggaraan Thailand Open beberapa pekan lalu.

Dalam penyelenggaraan BWF World Tour Finals, delapan pemain terbaik dunia dari masing-masing sektor siap bertanding menjadi yang terbaik.

Indonesia memiliki Lima wakil di BWF World Tour Finals. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri), Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran), dan Hafiz Faizal/Gloria Widjaja (ganda campuran).

"BWF World Tour Finals akan menganut sistem grup di awal turnamen. Delapan terbaik yang sudah lolos setiap sektor akan dibagi menjadi dua grup. Satu grup terdiri dari 4 atlet atau pasangan, dua terbaik di setiap grup nantinya berhak melaju ke babak semifinal," tulis PBSI dalam akun twitternya @INABadminton, Selasa (26/1).

Berdasarkan hasil drawing BWF, untuk sektor tunggal putra, Anthony akan berada di Grup A. Pebulu tangkis peringkat enam dunia itu akan menghadapi unggulan pertama Viktor Axelsen (Denmark), pebulu tangkis peringkat dua dunia Chou Tien-Chen (Taiwan) dan wakil asal Malaysia Lee Zi Jia.

Baca juga: BWF Surati PBSI, 8 Pemain Terlibat Pengaturan Pertandingan

Untuk sektor ganda putra, pasangan andalan Indonesia Ahsan/Hendra akan bertarung di Grup B menghadapi unggulan kedua wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia) dan pasangan peringkat delapan dunia Choi SolGyu/SEO Seung Jae.

Di sektor ganda putri, wakil Indonesia Greysia/Apriyani yang sukses memenangkan juara Yonex Thailand Open beberapa pekan lalu bergabung di Grup A dan akan menghadapi wakil Korea Lee So Hee/Shin Seung Chan, pasangan peringkat 14 dunia Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia), dan pasangan Vivian Hoo/Yap Cheng Wen (Malaysia).

Untuk sektor Ganda Campuran, Juara All England 2020 Praveen/Melati terdaftar di Grup A dan akan berjumpa dengan wakil tuan rumah Dechapool Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, pasangan SEO Seung Jae/Chae YuJung (Korea), dan unggulan pertama Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris).

Sementara di Grup B pasangan Hafiz/Gloria akan menghadapi unggulan kedua asal Jerman Mark Lamfuss/Isabel Herttrich, pasangan Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis), dan wakol Malaysia Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie.

Dalam pertandingan BWF World Tour, masing-masing pemain atau pasangan akan menghadapi pemain atau pasangan lainnya pada grup tersebut. Dua yang mendapatkan poin kemenangan tertinggi berhak melaju ke babak semifinal.

Meski Anthony tergabung dalam grup yang berisi pemain top dunia, namun pelatih tunggal putra Indonesia Hendry Saputra optimistis Anthony dapat menampilkan permainan terbaiknya untuk merebut gelar juara.

"Untuk World Tour Finals, saya yakin dari kedua kejuaraan sebelumnya, Ginting seharusnya sudah lebih baik dalam pikiran dan mentalnya. Kalau bisa main dengan maksimal, harusnya dia bisa juara. targetnya bisa main maksimal dan juara," tukas Hendry.(PBSI/OL-5)

BERITA TERKAIT