25 January 2021, 05:30 WIB

Ferrari Tes Privat di Sirkuit Fiorano Hari Ini


Mediaindonesia.com | Olahraga

FERRARI pada Senin (25/1) akan mengawali tes privat selama lima hari di Sirkuit Fiorano, Italia, dengan menurunkan mobil balap tahun 2018 mereka, SF17H, dan melibatkan tujuh pembalap.

Carlos Sainz akan mendapatkan kesempatan pertamanya mengendarai salah satu mobil merah ikonik tim asal Italia itu pada hari ketiga tes, Rabu (27/1), dan di pagi hari pada hari keempat, demikian laman resmi Ferrari.

Itu akan menjadi satu-satunya kesempatan bagi sang pembalap Spanyol menguji mobil Ferrari sebelum sesi tes pramusim selama tiga hari di Bahrain pada 12-14 Maret. Ia dan rekan satu timnya, Charles Leclerc, akan menguji mobil Ferrari baru untuk musim 2021.

Leclerc akan mengaspal di trek kepunyaan Ferrari itu pada hari kedua tes privat, setelah memiliki pengalaman mengendarai SF17H di Mugello pada Juni sebelum musim 2020 dimulai.

Ferrari akan memberikan kesempatan kepada tiga pembalap muda dari akademi pembalap mereka yakni Giuliano Alesi, Marcus Armstrong, dan Robert Shwartzman, untuk mengawali tes pada Senin.

Itu akan menjadi debut Alesi di balik kemudi mobil F1 setelah ayahnya, Jean, menguji mobil Ferrari F1-90 hampir tiga dekade silam di sirkuit tersebut. Armstrong akan menjadi pembalap Selandia Baru kedua yang mengendarai mobil F1 Ferrari setelah Chris Amon, yang membalap untuk tim Ferrari pada 1967 hingga 1969.

Sementara Shwartzman pernah mengendarai SF17H pada 30 September dan akan merangkum hari pertama. Dua pembalap terakhir yang akan mengemudikan SF17H adalah Mick Schumacher dan Callum Illot, yang musim lalu saling bertarung untuk titel F2.

Schumacher, yang tahun ini membalap untuk tim Haas F1 setelah menjadi juara dunia F2, akan melakukan tes pada Kamis dan Jumat pagi. Ilott, yang sekarang menjadi test driver Ferrari, akan merangkum sesi tes lima hari itu pada Jumat siang.

Formula 1 telah merombak kalender musim 2021 di mana Grand Prix Australia diundur ke November dan Bahrain bakal menggantikannya sebagai tuan rumah seri pembuka. Kalender tersebut masih terdiri dari 23 balapan diawali dengan Grand Prix Bahrain pada 28 Maret, satu pekan lebih larut dari jadwal semula yang seharusnya dimulai di Melbourne. (Ant/OL-14)

BERITA TERKAIT