24 January 2021, 20:50 WIB

Kurang Fokus, Gugurnya Wakil Indonesia di Toyota 1000 Series


Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

TIDAK masuknya wakil Indonesia ke babak puncak Toyota Thailand Open 1000 disebut pelatih Tunggal Putra Hendry Saputra lantaran kurangnya fokus para pemain di lapangan. Sebagaimana diketahui tiga wakil terakhir tunggal putra Indonesia kandas saat akan melangkah ke babak delapan besar.

“Saya lihat dari main dan mendengar dari atletnya, mereka kehilangan fokus dan kurang bersiap menghadapi kesukaran dalam pikirannya,” terang Hendry, Minggu (24/1).

Faktor psikis tersebut menurut sang pelatih membuat pemainnya menjadi kurang yakin dan berdampak kepada permainan yang tidak maksimal. Namun Hendry menyebut dari sisi teknis tidak ada permasalahan dari para atlet.

Sebagaimana diketahui Ginting gagal ke babak delapn Besar setelah kalah dari Lee Cheuk Yiu (Hong Kong) 19-21, 21-13, 12-21. Sedangkan Shesar Rhustavito kalah dari Hans KS Vittinghus (Denmark) 21-11, 15-21, 17-21.

Begitu juga Gregoria 'Jorji' Mariska yang gugur setelah menghadapi pemain nomor satu dunia Tai Tzu Ying (Taiwan) 20-22, 16-21.

Terlepas dari kegagalan di Toyota Thailand Open 1000, Hendry menyebut dirinya masih optimis untuk gelaran turnamen ketiga dari rangkaian Thailand Series Tournamen, yakni di BWF World Tour Final (WTF).

“Untuk WTF, saya yakin dari kedua kejuaraan sebelumya, Ginting seharusnya sudah lebih baik pikiran dan mentalnya. Kalau bisa main maksimal, harusnya bisa juara. Targetnya bisa main maksimal dan juara,” pungkas Hendry. (Dro/OL-09)

BERITA TERKAIT