20 January 2021, 10:21 WIB

Azarenka Minta Pemain Menerima Peraturan Karantina Australia Open


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

JUARA Australia Terbuka 2012, Victoria Azarenka, meminta rekan-rekannya sesama pemain tenis yang mengambil bagian dalam turnamen Grand Slam Australia Terbuka 2021, untuk bisa menerima dan beradaptasi dengan peraturan kesehatan karantina yang di terapkan pihak penyelenggara.

Hal itu disebutkan Azarenka, menyusul sejumlah kecaman dari para pemain tenis terkait karantina hotel yang terlalu ketat.

Sebanyak lebih dari 70 petenis yang diwajibkan melakukan isolasi mandiri dan tidak diperbolehkan meninggalkan kamar hotel selama 14 hari, setelah ditemukannya kasus Covid-19 di dalam tiga penerbangan sewaan menuju Australia.

Dalam surat terbuka yang diunggah Azarenka di sosial media pribadinya, petenis asal Belarus itu menyebutkan para pelatih dan pemain sudah seharusnya menghormati protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah setempat.

"Saya memahami Ini telah menjadi masa yang sulit untuk kita semua termaksud saya, dan tidak menyangka akan berakhir seperti ini. Berada dalam isolasi 14 hari sangat sulit untuk diterima mengingat semuanya telah membuat persiapan yang matang, dan ini merupakan Grand Slam pertama kami tahun ini," tulis Azarenka, Selasa, (19/1) waktu setempat.

"Saya memahami semua frustasi dan perasaan tidak adil yang muncul, namun kita harus memahami bahwa kita sedang berada di kondisi pandemi dunia, dan kami perlu menerima, beradaptasi, dan terus bergerak. Saya berharap kita semua dapat memahami itu," terangnya.

Setelah menerima sejumlah kecaman dari para petenis yang tengah menjalani karantina di Australia, Bos Australian Open Craig Tiley menyebut bahwa dirinya telah menelepon 500 petenis untuk mengatasi masalah ini.

Dan ia menyebutkan "sebagian besar" telah mendukung protokol ketat Australia, meski sebelumnya sejumlah peserta mengaku tidak mengetahui soal prosedur isolasi ketat tersebut.

"Sebagian besar dari mereka mendukung. (Mereka) tahu bahwa ini adalah kontribusi yang harus mereka berikan untuk mendapatkan hak istimewa ketika mereka keluar untuk bersaing memperebutkan hadiah besar. Meski ada pendapat yang tidak sepakat namun sisanya sangat bagus," tutur Tiley. (Rif/OL-09)

BERITA TERKAIT