13 January 2021, 16:33 WIB

NBA Perketat Protokol Kesehatan


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

NBA dan Asosiasi Pemain Bola Basket Nasional (NBPA) mengumumkan kesepakatan baru terkait langkah-langkah tambahan untuk melengkapi protokol kesehatan dan keselamatan selama kompetisi berlangsung.

Adapun kesepakatan itu dilakukan menyusul lonjakan kasus covid-19 yang terjadi pada liga NBA musim ini yang tengah berlangsung.

NBA dan NBPA disebutkan menyetujui protokol kesehatan dan keselamatan yang lebih ketat bagi pemain dan staf klub untuk kegiatan di luar NBA, serta dalam hal penggunan masker.

"Setidaknya dalam dua pekan ke depan, pemain dan staf tim diharuskan untuk tetap berada di kediaman masing-masing (saat tim tidak bertanding). Dan hanya diperbolehkan keluar rumah untuk menghadiri aktivitas terkait dengan klub di fasilitas tim atau melakukan aktivitas darurat lainnya," tulis peraturan baru NBA dalam keterangan resmi yang dilansir dari laman NBA, Rabu, (13/1).

"Interaksi di luar klub, hanya di perbolehkan secara terbatas dengan keluarga, anggota rumah tangga, dan staff pribadi yang bekerja secara teratur dirumah," imbuhnya.

Baca juga: NBA Selidiki Dugaan Irving Langgar Prokes

Dalam peraturan tambahan tersebut NBA menegaskan saat klub sedang dalam perjalanan, pemain dan staff tim dilarang meninggalkan hotel kecuali untuk aktivitas tim atau keadaan darurat. Regulasi juga mengatur pengetatan protokol kesehatan dan keselamagan di dalam arena.

Pemain dilarang tiba di arena lebih dari tiga jam sebelum tip-off, dan pemain diharuskan membatasi interaksi dan menjaga jarak sejauh mungkin, juga diwajibkan memakai masker selama di arena pertandingan.

Selain itu, pemain harus memakai masker di bangku cadangan sepanjang waktu, dan hanya diperbolehkan melepas masker saat bertanding. Setelah keluar dari permainan dan sebelum kembali ke bangku cadangan, pemain dapat duduk di kursi khusus yang diatur berjarak dengan kursi lainnya dan diperbolehkan melepas masker.

Untuk menjaga kesehatan dan keamanan pemain dari covid-19, NBA juga mewajibkan siapa pun yang secara rutin mengunjungi rumah pemain untuk aktivitas tim, seperti pelatih diharuskan menjalani pengujian covid-19 dua kali dalam satu pekan. (NBA/R-3)

BERITA TERKAIT