13 January 2021, 15:43 WIB

Peterhansel dan Al-Attiyah Bersaing Ketat Bidik Gelar Reli Dakar


 Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

PEMBALAP dari tim Mini, Stephane Peterhansel, kembali memperlebar jarak catatan waktunya dengan rival terdekatnya di papan klasemen umum Reli Dakar 2021. Hal tersebut ia lakukan dengan menjuarai etape ke-9 memanfaatkan problem dari rivalnya.

Jarak waktu yang tadinya hanya sekitar enam menit antara Peterhansel dengan Al-Attiyah menjadi berlipat tiga menjadi 17 menit 50 detik setelah sang pemuncak klasemen mengamankan podium pertamanya sejak kompetisi dimulai. Kemenangan ini sekaligus memperlebar kesempatannya untuk menjuarai Reli Dakar untuk ke-14 kalinya.

“Etape ke-9 ini benar-benar ciri khas Dakar. Navigasi yang sulit, bukit-bukit pasir yang menantang, kecepatan bagus, dan butuh strategi matang,” tutur Peterhansel sebagaimana dilansir Motorsport,Rabu (13/1).

“Kami tahu lomba hari ini akan panjang jadi kami tidak sepenuhnya bermain menekan. Kami juga harus memperhitungkan ban. Kami beruntung mampu meredam Carlos (Sainz) dan Nasser,” imbuh Peterhansel.

Di sisi lain pesaing terdekatnya, pembalap Toyota Al-Attiyah kehilangan banyak waktu dengan dua tusukan di ban dan masalah navigasi. Meski begitu pembalap Toyota tersebut masih beruntung dengan finish ke dua di etape ke 9 namun dengan jarak waktu yang cukup lebar dari pemuncak klasemen.

Masalah juga dialami oleh mantan juara Carlos Sainz yang kehilangan 22 menit setelah memperbaiki permasalahan rem pada Mini Buggy nya.

Dengan hanya tiga etape yang tersisa, Peterhansel duduk nyaman dipuncak klasemen jauh dari kejaran Al-Attiyah yang masih menguntit di peringkat dua. Dengan Sainz yang berjarak hampir satu jam persaingan juara hanya akan diperebutkan oleh dua pembalap. (Dro/Motorsports/OL-09)

BERITA TERKAIT