12 January 2021, 11:36 WIB

Abiteboul Tinggalkan Renault


Basuki Eka Purnama | Olahraga

PRINSIPAL tim Formula 1 Renault Cyril Abiteboul telah meninggalkan posisinya. Hal itu diungkapkan Renualt dalam sebuah keterangan pers.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis Renault Laurent Rossi akan menggantikan Renault di divisi olahraga balapan yang akan berganti nama menjadi Alpine itu.

Tim Formula 1 yang bermarkas di Enstone, Inggris itu akan mengubah livery-nya yang selama ini dominan kuning menjadi warna bendera Prancis, merah, putih, dan biru

Baca juga: Formula 1 Berencana Tunda GP Australia dan Tiongkok

Abiteboul bergabung dengan Renault pada 2001 dan menghabiskan mayoritas kariernya di sana kecuali saat dia menjabat sebagai pemimpin tim Formula 1 Caterham antara 2012 dan 2014.

Pria berusia 43 tahun itu memimpin kembalinya tim Renault ke Formula 1 pada 2016.

Tim, yang memenangkan 12 gelar konstruktor antara 1992 dan 2013, gagal mengulangi kesuksesan mereka. Meski begitu, Renault dua kali naik podium saat Daniel Ricciardo dua kali finis di peringkatt ketiga dan Esteban Ocon naik podium di posisi kedua untuk pertama kalinya di GP Sakhir di Bahrain.

Ricciardo akan meninggalkan Renault dan posisinya akan digantikan Fernando Alonso, yang akan berusia 40 tahun pada musim depan.

Pembalap Spanyol itu memenangkan dua gelar juara dunianya bersama Renault pada 2005 dan 2006. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT