08 January 2021, 22:35 WIB

Carlos Sainz Rebut Etape Enam Reli Dakar 2021


Widhoroso | Olahraga

JUARA bertahan, Carlos Sainz merebut etape enam Reli Dakar 2021 yang berlangsung di Arab Saudi. Pembalap Spanyol yang mengendarai Mini itu menjadi yang tercepat dari Al Qaisumah-Ha'il sejauh 348 kilometer.

Sainz membukukan waktu 3 jam 38 menit 27 detik, unggul 4 menit 3 detik atas pembalap tuan rumah Yazeed al-Rajhi yang finius di posisi dua. Sedangkan posisi tiga ditempati ditempati pembalap Qatar Nasser al-Attiyah disusul Stephane Peterhansel di posisi empat.

Walau mampu meraih kemenangan kedua Reli Dakar 2021, Sainz yang didamping navigator Lucas Cruz, mengaku tidak terlalu puas dengan hasil yang didapat secara keseluruhan. Pasalnya, di etape etape sebelumnya, Sainz yang juara di etape 1, banyak kehilangan waktu.

"Saya pikir, kami bisa melakukan hal yang lebih baik. Saya dua kali kehilangan tiga puluh dan pada hari lain enam menit, jadi lebih dari satu jam secara keseluruhan. Momen terbaik saya mungkin hari ini," jelasnya.

Walau menjadi juara etape enam, di klasemen pembalap, Sainz masih terpaku di posisi tiga. Ia terpaut 40 menit 39 detik dari pembalap Peterhansel yang berada di posisi puncak dengan total waktu 22 jam 14 menit 3 detik. Posisi dua ditempati Nasser al-Attiyah yang terpaut 5 menit 53 detik dari Peterhansel.

Di kategori sepeda motor, pembalap Spanyol Joan Barreda menjadi yang tercepat untuk ketiga kali seteah sebelumnya meraih kemenangan di etape
dua dan empat. Mengendarai Honda, Barreda menyelesuikan etape enam dengan waktu 3 jam 45 menit 27 detik.

Barreda unggul 13 detik pembalap Yamaha Ross Branch yabng finis di posisi dua dan 53 detik dari pembalap KTM Daniel Sanders yang menempati posisi tiga.

Sementara itu, juara dua kali Reli Dakar Toby Price merebut pimpinan klasemen sementara. Finis di posisi tujuh etape enam, pembalap Australia itu menggeser Kevin Benavides dari posisi puncak dengan total waktu 24 jam 8 menit 43 detik. Sedangkan Benavides menempati posisi dua dengan terpaut 2 menit 16 detik. (AFP/R-1)

BERITA TERKAIT