08 January 2021, 11:41 WIB

Sempat Kecelakaan, Benavides Tetap Kuasai Etape ke-5 Reli Dakar


Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

ETAPE ke-5 Reli Dakar dengan rute Riyadh–Al Qaisumah, sejauh 795 Km dengan spesial stage 456 km, mampu ditaklukkan pembalap Monster Energy Honda Racing Kevin Benavides. Ia menyelesaikan etape kelima dengan catatan waktu 5 jam 9 menit 50 detik.

Dengan kemenangan tersebut, Benavides langsung melompat dan mengambil alih puncak klasemen sementara Reli Dakar di kategori motor sebagaimana dilansir laman resmi Dakar.

Etape ke-5 Rali Dakar ini memang sejak awal diperkirakan akan memberikan kesulitan bagi para rider. Direktur Dakar David Castera sebelum etape ke-5 memang mengingatkan kepada para rider untuk berhati-hati dengan trek yang menantang.

Baca juga: Stephane Peterhansel Pimpin Reli Dakar

Hal tersebut terbukti dengan pemenang etape ke-4 Joan Barreda hanya mampu finish di luar 10 besar dengan tertinggal 19 menit.

Barreda kesulitan menaklukkan bukit pasir dan trek cepat berpasir sebeluk kilometer ke-43. Hal tersebut kemudian membuat sang pembalap Spanyol tertinggal 17 detik dari rekan setimnya Benavides.

Tidak sampai situ, Barreda kembali disalip Daniel Sanders (KTM), Luciano Benavides, Xavier De Soultrait (Husqvarna), Ross Branch (Yamaha), serta Nacho Cornejo (Honda).

Meski memenangkan etape ke-5, Benavides bukan berarti tanpa kendala. Ia sempat kehilangan lima menit waktu pada jarak 74 km namun mampu memperkecil jaraknya setelah menggunakan strategi.

Sempat jatuh bangun sepanjang lintasan, rider Argentina tersebut sempat mengalami kecelakaan di trek berkelok dengan sungai berbatu kering di jarak 330 km.

Ia terluka pada hidungnya namun memutuskan untuk meneruskan balapan dan mendorong posisinya ke depan.

Hasilnya ia mampu mengungguli Jose Ignacio Cornejo dengan jarak 1 menit dan Toby Price dengan jarak 1 menit 20 detik. Keduanya finish di posisi kedua dan ketiga di etape ke 5.

Hasil itu mengubah posisi sementara di klasemen utama. Benavides memimpin klasemen sementara dengan catatan waktu 20 jam 15 menit 39 detik.

Sedangkan Xavier de Soultrait tergeser ke peringkat dua dengan selisih 2 menit 31 detik. Posisi ketiga diambil alih Cornejo dengan selisih 3 menit 42 detik. (Motorsport/OL-1)

BERITA TERKAIT