07 January 2021, 22:42 WIB

De Villiers Rebut Etape 5, Peterhansel Masih Pimpin Reli Dakar


Widhoroso | Olahraga

PEMBALAP Afrika Selatan Giniel De Villiers menjadi yang tercepat di kategori mobil Reli Dakar 2021 yang berlangsung di Arab Saudi, Kamis (7/1). Pada etape sejauh 456 kilometer dari Riyadh menuju Al Qaisumah itu, De Villeirs membukukan waktu tercepat.

Mengendarai Toyota, De Villiers membukukan waktu 5 jam  9 menit 25 detik, unggul 0,58 detik atas rekannya Brian Baragwanath yang finis di posisi dua.

"Sejak awal segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan kami, tetapi hari ini semuanya tampak cocok. Kami berhasil melakukan pekerjaan dengan baik hari ini, jadi semoga saja kami dapat melakukan lebih banyak lagi," kata De Villiers.

Posisi tiga ditempati pembalap kawakan asal Prancis Stephane Peterhansel yang mengendarai Mini dengan waktu 5 jam 11 menit 50 detik. Sementara posisi emopat ditempoati pembalap Qatar, Nasser al-Attiyah yang terpaut 2 menit 13 detik dibelakanng Peterhansel.

Walau hanya finis di posisi tiga etape lima, Peterhansel yang merupakan 13 kali juara Reli Dakar masih memimpin klasemen umum. Peterhansel total mencatat waktu 18 jam 28 menit 2 detik. Sedangkana posisi dua klasemen sementara ditempati al-Attiyah disusul juara bertahan Carlos Sainz di posisi tiga.

Di kategori sepeda motor, perjuangan keras harus dilalui Kevin Benavides untuk mnejadi yang terbaik. Pembalap tim Honda asal Argentina itu sempat mengalami kecelakaan yang menyebabkan tulang hidungnya patah sebelum menjadi yang tercepat dengan waktu 5 jam  9 menit 50 detik.

Kemenangan ini membuat Benavides baik ke posisi puncak klasemen menggeser pembalap Prancis Xavier De Soultrait yang finis di posisi enam etape lima. Dengan total waktu 20 jam 15 menit 39 detik, Benavides unggul 2 menit 31 detik atas Soultrait yang kini berada di posisi dua. (AFP/R-1)

BERITA TERKAIT