07 January 2021, 22:35 WIB

Joan Barreda Jawara di Etape Keempat Reli Dakar 2021


Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

PEMBALAP asal Spanyol Joan Barreda kembali mendapatkan kemenangan keduanya di etape keempat Reli Dakar 2021. Dengan kemenangan ini pembalap Honda tersebut melesat ke posisi kedua papan klasemen sementara di bawah rider Prancis Xavier de Soultrait.

Di etape keempat ini merupakan spesial stage sejauh 337 km dari Wadi Ad-Dawasir menuju ibu kota Arab Saudi. Barreda menyelesaikan balapan tersebut dalam waktu dua jam 46 menit 50 detik, demikian laman resmi Dakar.

Barreda yang di etape ketiga sempat terpuruk dalam catatan waktunya. Ia hanya mampu menyelesaikan di posisi 30 dan membuatnya berada di peringkat delapan papan klasemen.

Memulai etape keempat, Barreda sempat memimpin balapan di awal chekpoint. Namun, Toby Price dari KTM sempat mengambil posisi tersebut di lokasi Pencatatan waktu berikutnya. Sayang, Price kemudian kehilangan lima menit waktunya akibat kesalahan navigasi yang dimanfaatkan oleh Barreda untuk mengamankan kemenangan .

Sedangkan rider debutan Faniel Sanders menyelesaikan balapan di posisi ketiga, sedangkan pembalap Husqvarna Luciano Banevides selesai di posisi ke empat setelah privateer dan pimpinan klasemen sementara de Soultrait.

Joaquim Rodrigues kehilangan posisi lima besar dengan hanya selisih dua persepuluh dari motor Hero utama, saat Jose Ignacio Cornejo (Honda), Pablo Quintanilla (Husqvarna), Stefan Svitko (KTM) dan Adrien van Beveren (Yamaha) menyelesaikan 10 besar.

Pembalap Yamaha Ross Branch yang menjadi runner up mengaku sempat frustasi mesmi dirinya menikmati jalannya lomba.

"Saya menikmatinya. Saya sedikit frustrasi setelah melewatkan waypoint dari start pagi ini. Kemudian saya ingin melihat seberapa cepat saya bisa melaju dan mencari tahu kecepatan puncak motor saya,"

Ia pun memuji tim Yamaha melakukan tugasnya dengan sangat baik karena motornya sangat cepat. Branch saat ini menempati posisi empat klasemen dengan margin empat menit 24 detik.

"Saya harus tetap konsisten di sisa etape yang ada untuk melihat bagaimana hasil akhirnya nanti," ungkap Branch. (Motorsport/OL-13)

Baca Juga: De Villiers Juarai Etape 5, Peterhansel Masih di Puncak Klasemen

BERITA TERKAIT