04 January 2021, 01:15 WIB

Ryan Garcia Unjuk Aksi Petarung


MI | Olahraga

PETINJU muda Amerika Serikat Ryan Garcia tidak hanya terkenal di media sosial dengan jumlah pengikut terbanyak hingga 7 juta orang. Di atas ring, King Ry julukan Garcia mampu membuktikan kekerasan jotosan kedua kepalan tangannya.

Garcia, 22, memenangi duel terberat dengan menang TKO (technical knockout) ronde tujuh atas petinju Inggris Luke Campbell pada pertarungan kelas ringan yang digelar di Dallas, Texas, AS, kemarin.

Garcia sempat terjatuh digasak pukulan Campbell, 33, di ronde kedua. Namun, dia bangkit dan membalas untuk memaksa Campbell terduduk dan tidak mampu melanjutkan pertarungan di ronde tujuh.

Campbell tidak mampu bangkit kendati wasit sudah menyelesaikan hitungan hingga 10, akibat hook tangan kiri King Ry mendarat di ulu hati.

“Pertarungan ini menunjukkan kepada semua orang, siapa sesungguhnya Ryan Garcia,” ungkap Garcia yang berhak menyandang gelar juara dunia interim kelas ringan versi WBC.

King Ry dengan rekor ring tidak terkalahkan sepanjang 21 pertarungan, termasuk 18 kemenangan KO, mengakui Campbell lawan tangguh. Campbell membuatnya menerima knockdown pertama sepanjang karier profesional sejak 2016. Namun, setelah itu, Garcia membalas dengan penampilan beringas.

“Aku harus kembali bangkit dan menunjukkan kepada semua orang, seperti apa seorang petarung sesungguhnya,” pungkas Garcia yang mendapatkan selamat dari petinju terbaik dunia saat ini, Saul ‘Canelo’ Alvarez. Petinju Meksiko, juara dunia kelas menengah super itu naik ring untuk menghampiri Garcia yang merupakan rekan satu tempat latihan.

Bagi Campbell, ini kali keempat dia gagal di pertarungan perebutan gelar. Petinju peraih emas Olimpiade 2012 London itu mengakui Garcia pantas menang.

“Aku harap kalian semua menikmati pertarungan itu. Saya harus angkat topi kepada @KingRyanG, selamat dan masa depan luar biasa membentang baginya. Aku berharap yang terbaik baginya,” pungkas Campbell yang memiliki rekor ring 20 kali menang dan empat kali kalah. (Skysports/Dro/R-2)

BERITA TERKAIT