03 January 2021, 06:55 WIB

Al-Attiyah Tercepat di Prolog Reli Dakar 2021


Basuki Eka Purnama | Olahraga

JUARA bertahan Nasser al-Attiyah keluar sebagai yang tercepat untuk kategori mobil pada etape prolog Reli Dakar 2021, Sabtu (2/1).

Etape prolog, yang pertama kalinya hadir dalam sejarah Reli Dakar, berlangsung di rute berpasir sejauh 11 kilometer di dekat Kota Jeddah.

Pembalap asal Qatar itu menyelesaikan etape prolog dalam waktu lima menit 48 detik.

Baca juga: Penyelenggara Dakar 2021 Ubah Regulasi Demi Keselamatan Pembalap

Dengan keunggulan tersebut, pembalap Toyota yang juga juara reli ketahanan tiga kali itu bakal start terdepan saat mengawali etape perdana Reli Dakar 2021 yang digelar pada Minggu (3/1).

Sementara itu, pembalap Spanyol Carlos Sainz harus puas berada di posisi ke-28 dengan catatan waktu enam menit 24 detik.

Pada kategori sepeda motor, etape prolog dipimpin pembalap Amerika Serikat (AS) Ricky Brabec. Pembalap Honda yang juga juara bertahan itu
mencatatkan waktu enam menit satu detik.

Untuk kategori quadbike, pembalap Yamaha mendominasi. Alexandre Giroud mencatatkan waktu tujuh menit 35 detik, unggul satu detik dari rekannya, Manuel Andujar.

Pembalap AS Austin Jones memimpin etape prolog kategori SSV usai mencatatkan waktu enam menit 43 detik.

Siarhei Viazovich asal Belarusia memuncaki kategori truk dalam waktu enam menit 38 detik, terpaut satu detik dari rekannya sesama pebalap MAZ, Aliaksei Vishneuski.

Reli Dakar 2021 akan kembali dihelat di Arab Saudi pada 3-15 Januari. Etape pertama akan dimulai dengan jarak tempuh 622 km dari Jeddah ke Bisha. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT