20 December 2020, 16:34 WIB

Saul Alvarez Kalahkan Callum Smith untuk Klaim Gelar WBA / WBC


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

RAJA Tinju dunia asal Meksiko, Saul Alvarez mengakhiri absen panjangnya dari dunia Tinju dengan kemenangan brutal, mengalahkan juara tinju WBA asal Liverpool Callum Smith, dengan kemenangan angka mutlak lewat 12 ronde, Minggu, (20/12) WIB.

Pertarungan antara Alvarez vs Smith yang berlangsung di Alamodome, San Antonio, Amerika Serikat itu, untuk memperebutkan gelar sabuk juara WBA super yang dimiliki Smith, sekaligus untuk mengukuhkan gelar WBC kelas menengah super yang kosong.

Bertarung dengan brutal, dimana perlawanan Alvarez membuat lawannya Smith bersimpah darah di wajah. Alvarez berhasil menang mutlak dengan keputusan para hakim, 119-109, 119-109, 117-111.

"Saya adalah yang terbaik di dunia," ucap Alvarez, dilansir dari AFP, Minggu, (20/12).

"Saya merasa sangat bangga memiliki ini, saya tidak hanya mewakili dunia tinju tetapi juga negara saya. Saya melakukan pekerjaan dengan baik setelah 13 bulan absen," imbuhnya.

Berkat kekalahan tersebut, rekor menang-kalah sempurna milik Smith dimana tercatat kemanangan 27-0, harus ternodai menjadi 27-1. Sementara catatan kemenangan Alvarez saat ini adalah 54 kemenangan dari 57 duel yang telah dihalani.

Baca juga : Banyak Dukungan untuk Breakdancing

"Saya merasa hebat dengan 168 pound. Ini adalah salah satu malam terbaik bagi saya," ucap Alvarez.

Pada pertandingan Ronde ke-9, celana putih yang dikenakan Smith mulai berubah menjadi merah akibat tetesan darah dari wajahnya. Sementara wajah Alvarez terlihat bersih tanpa mengeluarkan darah setetes pun.

"Sejak babak pertama saya mencoba melihat apa yang ia miliki, keterampilannya atau apapun itu. Tapi selama pertandingan saya menunjukan kepadanya siapa saya sebenarnya," ungkap Alvarez.

Kemenangan Alvarez kali ini menghidupkan kembali kemungkinan pertarungan ketiga antara Alvarez melawan pemegang gelar kelas menengah IBF Gennady Golovkin, dalam pertemuan terakhir di Las Vegas pada 2018 lalu Golovkin kalah dari Alvarez.

Alvarez pun mengatakan bahwa Golovkin sekarang ada dalam pandangannya. "Saya ingin semua ikat pinggang, saya tidak lari dari siapapun. Saya hanya menunjukkan bahwa saya akan bertanding dengan baik. Jika dia (Golovkin) mengiginkan pertarungan, saya akan menerimanya," tukasnya. AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT