06 December 2020, 04:45 WIB

Russell Unjuk Bukti di Latihan Bebas


(Ant/R-2) | Olahraga

TIM Mercedes tidak salah pilih dengan menunjuk George Russell sebagai pengganti juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton melakoni GP Sakhir, Bahrain. Russell mampu tampil dominan selama sehari latihan bebas ajang balap Formula Satu (F1) di Sirkuit Internasional Bahrain hingga dini hari kemarin.

Pembalap berusia 22 tahun asal Inggris itu, yang dimandati oleh Mercedes untuk menggantikan kompatriotnya yang terjangkit covid-19, memanfaatkan kesempatan emas debut dengan tim juara dunia itu dengan tampil tercepat di kedua sesi latihan bebas. Russell mengungguli pembalap Max Verstappen di kedua sesi berdurasi 90 menit tersebut.

Russell lebih baik daripada rekan satu timnya, Valtteri Bottas, yang mengalami kerusakan mobil di sesi pertama dan mendapati catatan waktu terbaiknya dihapus karena melebihi batas trek di sesi kedua.

Pembalap Finlandia itu mengakhiri kedua sesi diperingkat empat dan ke-11. Catatan waktu 54,546 detik yang dibuat Russell menjadi yang terbaik di latihan bebas hari pertama. “Saya bekerja dengan baik. Saya belajar banyak setiap putaran dengan mobil ini,” ungkap Russell tanpa mengeluhkan pengorbanannya
untuk menyesuaikan dengan fi sik Hamilton.

Seperti diketahui Russell lebih tinggi 10 sentimeter ketimbang Hamilton. Russel juga harus menggunakan sepatu lebih kecil dari ukuran yang biasa dia gunakan karena harus memakai ukuran sepatu Hamilton.

Penampilan apik di ajang resmi pertamanya itu membuat pembalap jebolan tim Williams itu memiliki harapan cerah. Bahkan Russell bisa menjadi pilihan pembalap utama pada musim 2022, menyisihkan Valtteri Bottas.

Grand Prix Sakhir kembali digelar di Sirkuit Internasional Bahrain, tetapi menggunakan layout terluar yang lebih pendek dengan lintasan sepajang 3,5 km. Ada dua pembalap rookie menjalani debut F1 mereka. Jack Aitken asal Inggris mengisi bangku Russell di Williams, sedangkan pembalap Brasil Pietro Fittipaldi
membalap untuk tim Haas.

Sementara itu, pembicaraan soal kontrak Hamilton dengan Mercedes harus menunggu hingga sang juara dunia tujuh kali itu sembuh. Bos Tim Mercedes
Toto Wolff mengungkapkan hal itu, kemarin.

Bahkan ada kemungkinan Hamilton absen di GP Abu Dhabi, pekan depan. (Ant/R-2)

BERITA TERKAIT